× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda daerah Peringati Hari Pangan Sedunia, DLH Kabupaten Blitar Adakan Webinar Bijak Mengelola Sampah Sisa Makanan

Peringati Hari Pangan Sedunia, DLH Kabupaten Blitar Adakan Webinar Bijak Mengelola Sampah Sisa Makanan

234
SHARE
Peringati Hari Pangan Sedunia, DLH Kabupaten Blitar Adakan Webinar Bijak Mengelola Sampah Sisa Makanan

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blitar Ir. Krisna Triatmanto Msi.

Blitar, Sidaknews.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Blitar menyikapi problem sampah dari makanan dan minuman yang menyumbang hampir separuh Volume Sampah Bulanan.

Dinas lingkungan hidup Kabupaten Blitar mengadakan sosialisasi dan diskusi penanganan limbah makanan secara virtual dipimpin langsung Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Blitar bertempat di Gedung Dinas LH Kanigoro Blitar Jawa Timur, Kamis 15 Oktober 2020.

Wawan, Ketua Komunitas Nol Sampah Surabaya menjelaskan, Hari Pangan Sedunia ternyata berkaitan erat dengan produksi sampah, faktanya Volume Sampah sisa makanan mendominasi timbunan sampah harian, karena dalam pemikiran kita yang namanya sampah itu pasti plastik dan Limbah Industri.

Data rata-rata di Blitar Sampah Organik sebesar 75% dan sampah Anorganik 25% dan 50% Sampah Organik bersumber dari sampah makanan dan data ter-Update 44% sampah di Indonesia bersumber dari sampah sisa makanan.

whatsapp_image_2020-10-15_at_2.58.15_pm

Masyarakat di Inonesia tidak pernah berfikir berapa kita menyumbang sampah dan akan dikemanakan sampah ini, terlebih sampah sisa makanan, seluruh dunia sampah sisa makanan atau makanan yang terbuang percuma berakhir ditempat sampah dengan nilai 94 Milyar Dollar pertahun makanan yang terbuang percuma.

"Maka sampah sisa makanan akan semakin meningkat jika tidak ditangani secara serius dan tepat, di Hari Pangan Sedunia ini pernahkah masyarakat berfikir berapa makanan yang disia siakan menjadi sampah sehingga diskusi ini penting dilaksanakan apalagi di masa pandemi ini kebutuhan dasar hidup berupa makanan dapat dikelola dengan baik sehingga produk sampah yang dihasilkan juga semakin menurun," jelas Wawan.

"Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blitar Ir. Krisna Triatmanto Msi menerangkan hal yang bisa diperoleh jika sampah makanan ini dikelola dengan baik antara lain Emisi Gas Rumah Kaca yang turun, tidak ada lagi bahan makanan atau makanan yang terbuang percuma sehingga kualitas hidup masyarakat semakin baik. Pemerintah saat ini sudah meningkatkan TPA sekarang bukan tempat menimbun sampah akan tetapi menjadi tempat Daur Ulang Sampah.

"Jadi prinsip 3M harus menjadi kebiasaan masyarakat kedepan, membangun tempat pengolahan sementara sampah disetiap Desa dan Kelurahan menjadi fokus utama Dinas Lingkungan Hidup saat ini, serta program Desa Berseri sebagai solusi pengolahan sampah di Indonesia," kata Krisna

Teknologi pengolahan sampah menjadi sumber energi listrik, juga sudah dilaksanakan selain menjadi pupuk organik dan pelet pakan ternak, salah satunya di Jawa Timur ada di Pujon Kabupaten Malang, hanya ada 2 di Indonesia yaitu di Malang dan Jambi, listrik penerangannya di 2 daerah ini menggunakan Biokomposter, sehingga sebenarnya jika dikelola dengan baik 2 permasalahan yaitu Energi dan Sampah tertangani dengan baik.

Harapan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Kabupaten Blitar, "Dihari Pangan Se-dunia ini segera menjadi landasan pengelolaan sampah sisa makanan dan sampah sampah organik menjadi produk yang berdaya guna untuk kesehatan dan kemakmuran masyarakat kita," ungkapnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blitar Ir. M Krisna Triatmanto Msi., menyampaikan bahwa, "Pada hari ini kita melaksanakan Webinar Pengurangan Sampah Makanan sekaligus memperingati Hari Pangan Sedunia, Tema ini kita angkat karena sampah makanan mencapai 40% - 50% dari Volume Sampah ini cukup memprihatinkan, karena dimasa Pandemi Covid-19 ini masyarakat kita sangat kekurangan Pangan dan Gizi sehingga perlu kita sosialisasi kan agar masyarakat lebih bijak dalam mengolah bahan Pangan dan sampah makanannya berkurang.

Lanjut Krisnsa, terkait pengelolaan sampah secara umum hal hal yang telah dilakukan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blitar, kita sosialisasi kan kepada masyarakat melalui program tatap muka, penggunaan Media Massa dan Media Sosial, program-program Webinar, kita juga menginisiasi pendirian Bank-Bank sampah dengan target setiap Desa 1 Bank Sampah selain berguna sebagai Sistem Pengendalian Sampah juga Sarana Edukasi terkait pengelolaan sampah.

"Kegiatan ini berdasar dengan Peraturan Pemerintah Daerah terkait Pengendalian Sampah Plastik yaitu Blitar Libas Sampah Plastik 'Balistik', harapannya kita melaksanakan diskusi secara Virtual ini kita bisa bijaksana dalam mengelola makanan sehingga tidak banyak makanan yang terbuang menjadi sampah." tutupnya.(BAS/ADV/KMF)