× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda kepri Perjalanan Menuju Musrenbangdes Mapur, Penuh Cabaran Tembus Gulungan Ombak

Perjalanan Menuju Musrenbangdes Mapur, Penuh Cabaran Tembus Gulungan Ombak

537
SHARE
Perjalanan Menuju Musrenbangdes Mapur, Penuh Cabaran Tembus Gulungan Ombak

Perjalanan pulang tim perangkat Desa/Kecamatan usai menghadiri giat Musrenbangdes Mapur.

Bintan,sidaknews.com - Sejumlah pulau berpenghuni maupun yang tidak di Kecamatan Bintan Pesisir, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, terhampar luas. Cerita kehidupan di pulau adalah tentang laut, jarak, dan akses internet. Bagaimana perangkat di tingkat Desa hingga Kecamatan berjuang menjaga kualitas pelaksanaan berjalannya program pemerintah ? Berikut ulasannya.

Jangan anda membayangkan bahwa pembangunan, program, kegiatan serta yang lainnya di kepulauan sama dengan daratan. Tak ada akses jalan memudahkan perjalanan ataupun kendaraan yang memangkas jarak. Unsur perangkat pemerintah dan aparat keamanan harus melewati laut menembus ombak, sabar membaca cuara dan membawa setumpuk semangat juang.

Mapur adalah salah satu Desa di Kecamatan Bintan Pesisir jaraknya sekian km. Lebih jauh dari jarak Desa Kelong ke Desa Numbing yang hanya sekian km. Di Kecamatan tersebut saja terdiri dari 4 desa yang tersebar di pulau yang berbeda.

Rata-rata untuk sampai ke setiap Desanya harus lewat laut dengan durasi menit yang berbeda - beda. Seorang Aktivis Sosial dan Lingkungan Bintan, Lelo Polisa Lubis, Sc menjelaskan bahwa letak geografis juga kerap kali menyulitkan saat ada undangan kegiatan yang dilakukan.

“ Kecamatan Bintan Pesisir terdapat empat desa. Satu pulau paling jauh adalah Desa Mapur. Sementara tiga desa lainnya relatif cukup dekat, " Ujar Lelo saat ditemui awak media di Kampung Tenggel.

Ia merinci bahwa empat desa itu antara lain Mapur, Kelong, Numbing dan Air Glubi. Dari setiap desa dimaksud juga tersebar pulau tersendiri. Jadi ke Desa harus lewat laut.

Di peta, Pulau Mapur berada di ujung. Posisinya jauh melewati lokasi PT BAI, Jarak tempuh dari pulau ke pulau Skala berjarak sekian mil laut. Jika dari Dermaga di Kijang Kota harus menempuh jarak 2 jam lebih perjalanan laut.

Saat Kantor Desa Mapur mengadakan Musrenbangdes pada hari Selasa (12/01/2021) lalu, memerlukan waktu sekian jam untuk sampai ke acara tersebut. Jarak yang jauh dan harus menghadapi berkali - kali gulungan gelombang ombak yang bisa mencapai tiga meter adalah faktor penentu perjalanan Camat Bintan Pesisir, Sutono, S.Pd, Kapolsubsektor Kecamatan Bintan Pesisir Iptu Masnur, Bhabinkamtibmas Desa Mapur, Ferli Ernando, Babinsa Desa Mapur, Koramil 02/0315 Bintan, Serka Sarial bersama awak media serta yang lainnya.

Tantangan geografis yang tidak mudah sempat membuat komitmen satangguh karang dan sekuat ombak yang menerjang untuk hadir di Musrenbangdes kala itu sempat goyah.

Ditengah pandemi covid-19, Pelaksanaan Musrenbangdes Mapur tahun ini memang memiliki ceritanya sendiri yang unik, penuh tantangan dan mendebarkan dalam perjalanan pergi kesana.

" Makanya yang kami harapkan juga dan masuk usulan prioritas adalah pompong tambang yang agak besar bisa dikondisikan dalam segala situasi. Kalau misalkan ada sifatnya musim berteduh dapat dimanfaatkan, Tolong minta bantu kepada Pemerintah Daerah untuk percepat kapal yang agak besar dari semua tambang yang ada, " Ungkap Sekretaris Desa Mapur, Zainuddin, S.Sos. (Alek)