× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda Post Petugas Gabungan Razia di Lapas Panyabungan

Petugas Gabungan Razia di Lapas Panyabungan

SHARE
Petugas Gabungan Razia di Lapas Panyabungan

Petugas gabungan saat melakukan razia di Lapas Klas IIB Panyabungan

Mandailing Natal, sidaknews.com - Satuan tugas (Satgas) Lapas panyabungan yang terdiri pegawai LP, BNNK madina, polres Madina, koramil panyabungan dan intel Kodim melakukan razia sekaligus menggeledah diseluruh kamar hunian pada Sabtu (14/12/2019). Pukul 16.00 Wib.

Dalam penggeledahan kamar hunian LP Panyabungan tersebut petugas berhasil menemukan sejumlah barang terlarang seperti Handphone 9 unit, batre 9 unit, rokok elektri (vape) 1 unit, kartu remu 2 set, ikat pinggang 3 buah, pisau rakitan 2 buah, alat cukur 1 buah, kabel data 2, rongsokan komponem elektronik, Mancis 6 buah. Sementara Narkoba tidak ditemukan di kamar hunian warga binaan Lapas.

Razia kali ini Tim gabungan menfokuskan 4 kamar hunian, diantaranya menggeledah Kamar Blok Wanita kamar 33 dan kamar 34, Blok C kamar 7 dan Kamar 8," kata Kalapas Klas II B Lapas Panyabungan Indra Kesuma kepada wartawan.

Benda hasil penggeledahan dikumpulkan di sebuah ruangan LP dan langsung dimusnakan. Ungkap Indra.

Lanjut Indra, rajia ini bertujuan untuk mencegah dan menindak peredaraan narkoba di lapas klas IIb Panyabungan. Sesuai dengan surat edaran Dirjen pas No : PAS-141.PK.02.10.01 tahun 2019.

“Kami melakukan sidak untuk memelihara ketertiban dan keamanan didalam lapas Panyabungan. Hasilnya tidak ada barang yang mengarah pada narkoba, tetapi hanya berupa Handphone, batre Handphone, rokok elektri (vape), kartu remu, ikat pinggang 3 buah, pisau rakitan, alat cukur, kabel data, rongsokan komponem elektronik, Mancis. Artinya suasana kepatuhan dan ketaatan warga binaan masih terkendali,” Kata Indra.

Dia menyampaikan kendati tidak ditemukan bukti narkoba dalam operasi gabungan tetap meminimalisasi dan mendeteksi dini narkoba.

“Razia seperti ini sebenarnya rutin dilakukan minimal delapan kali per bulan di lapas. Razia mendadak ini dilakukan atas instruksi Dirjen Pemasyarakatan Kemenkum HAM agar masif, progresif, dan terarah. Hasilnya tidak menemukan indikasi narkoba,” katanya.

Dia menyampaikan jumlah warga binaan penghuni lapas Panyabungan sebanyak 497 orang, diantaranya tahanan 52 orang, Narapidana 445 orang.

“Kami sudah menanggulangi peredaran narkoba lewat pengawasan blok dan penggeledaran dengan sistem acak setiap hari. Dari penggeledahan hari ini tidak ditemukan narkoba tetapi hanya ditemukan barang terlarang,” katanya.

Pantuan wartawan barang-barang yang di sita tersebut di Musnahkan dengan cara di bakar. (putra)