× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda tebagsel Petugas Gelar Razia Mendadak di Lapas Sialambue Kelas IIB Padangsidimpuan

Petugas Gelar Razia Mendadak di Lapas Sialambue Kelas IIB Padangsidimpuan

2005
SHARE
Petugas Gelar Razia Mendadak di Lapas Sialambue Kelas IIB Padangsidimpuan

Kamar Blok A yang dihuni Warga binaan Kasus Narkoba Lapas Kelas IIB Sialambue Kota P.Sidimpuan saat di razia Petugas Lapas dan kepolisian, Minggu (15/12) Malam.

SIDIMPUAN, sidaknews.com - Lapas Kelas IIB Sialambue Kota Padangsidimpuan menggelar razia kamar hunian warga binaan sebagai pencegahan munculnya gangguan keamanan dan ketertiban Lapas. Razia yang di mulai pukul 20.00 WIB, Minggu (15/12) hingga pukul 23.00 Wib, yang melibatkan petugas Lapas dan personil dari Polsek Batunadua dipimpin langsung oleh Kalapas Kelas IIB Kota Padangsidimpuan Haposan Silalahi.

Haposan menuturkan, kegiatan razia ini digelar secara dadakan bertujuan agar informasi mengenai razia tidak bocor dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) tidak menduga akan adanya Razia. Sehingga proses razia dapat berjalan dengan optimal.
"Penentuan kamar yang akan dirazia dipilih secara acak dengan sasaran utama adalah peralatan komunikasi Warga binaan," ujar Haposan, Minggu (15/12) di hadapan Wartawan.

Melalui razia kamar hunian ini, lanjutnya, ditemukan sebanyak tiga unit alat komunikasi handphone yang rusak merk nokia dan kepala charger handphone, Mancis, kartu domino

"Semua barang kita sita, karena memang dilarang dipergunakan di dalam Lapas," tandasnya.

Razia dadakan tersebut langsung melakukan pemeriksaan terhadap 9 Kamar di Blok A yang dihuni khusus kasus narkoba, namun petugas tidak menemukan adanya narkoba, kendati semua sisi dan sudut kamar para warga binaan itu sudah diobok-obok dengan mempergunakan alat X-ray tapi hasilnya memang nihil pungkasnya.

Haposan mengimbau kepada para petugas pemasyarakatan bahwa razia ini sebagai perintah dari Direktur Jenderal Pemasyarakatan agar di UPT Pas dapat melaksanakan razia serentak, Razia ini juga dikatakan sebagai penanggulangan narkoba yang disinyalir dikendalikan melalui alat komunikasi.

"Razia dilakukan sebagaimana perintah agar seluruh Lapas/Rutan melaksanakan razia serentak dalam rangka penanggulangan narkoba yang disinyalir dikendalikan melalui alat komunikasi handphone, pihaknya aktif melakukan razia apalagi saat ini penjagaannya semakin ketat dengan adanya Alat X-ray,lebih Lanjut kalapas menuturkan Jadi semua bawaan pembesuk harus kita periksa melalui X-ray.

Kalapas menambahkan kalau sesudah ini dan masih ada ditemukan atau ada keterlibatan oknum kita akan kenakan sanksi tegas,” Apalagi oknum tersebut di ketahui bersengkongkol dengan Warga Binaan jadi barang barang yang ditemukan milik Warga binaan akan langsung di musnahkan untuk memberikan efek jera. Ini merupakan suatu tantangan yang harus dilaksanakan dengan baik agar apa yang menjadi citra buruk di masyarakat akan hilang, Tutupnya. (Sabar)

VIDEO