× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda hukrim Polisi Tetapkan 8 Tersangka Demo Lahan di Banyuasin dan 31 Orang Diamankan

Polisi Tetapkan 8 Tersangka Demo Lahan di Banyuasin dan 31 Orang Diamankan

482
SHARE
Polisi Tetapkan 8 Tersangka Demo Lahan di Banyuasin dan 31 Orang Diamankan

Pakembang, sidaknews.com - Polda Sumsel amankan 31 orang terkait demo lahan di Banyuasin karena membawa senjata tajam. Adapun 8 orang tersangka dari 31 orang yang ikut di amankan jatanras Polda Sumsel saat warga melakukukan aksi demo di PT. Sinar Usaha Marga pada senin (01/12), kemarin.

Delapan orang yang diamankan 6 tersangka dikenakan pasal senjata tajam, 1 kasus pengerusakan dan 1 kasus penghasutan atau provokator, terdiri dari 7 pria dan 1 wanita.

Selain mengamankan 31 orang dan menetapkan 8 tersangka ikut juga di amankan 29 hp, 50 kendaraan bermotor serta senjata tajam.

"Kabid humas Polda Sumsel Kombes. Supriadi selasa, (02/12) membenarkan dimana pihak Jatanras mengamankan 31 orang warga karena melakukan demo di PT. Sinar Usaha Marga. di kecamatan Talang Kelapa kabupaten Banyuasu Sumsel."Jelasnya.

Kasus ini bermula saat puluhan warga sekitar melakukan aksi demo terkait lahan PT. Sinar Usaha Marga di kecamatan Talang Kelapa kabupaten Banyuasu Sumsel. Warga bercocok tanam di dalam lahan milik PT. Sinar Usaha Marga sekitar 150 hektar berdasarkan alas hak 2012 dari Bupati Banyuasin.

Padahal lahan itu sudah di bersihkan dan di pagar oleh perusahaan, namun warga tetap berkeras berkebun bahkan ada yang merusak pagar. Bahkan sekitar lima bulan yang lewat Kapolrestabes Kombes. Anom Setiaji dan ratusan polisi pernah ikut mengamankan kasus lahan tersebut mengusir warga dari lokasi.

Namun kejadian terulang kembali meskipun sudah di bersihkan dan di pagar puluhan warga masih berusaha menyerobot lahan untuk berkebun.

"Kita sudah mengamankan 31 orang dan delapan (8) sudah di tetapkan jadi tersangka, terdiri dari 6 kasus sajam 1 pengreusakan dan 1 tersangka penghasutan atau provokator. "Ucap Kabid humas polda Sumsel Kombes. Supriadi.

Senmentara laham milik PT. Sinar Usaha Marga izin lokasi 2012 dari Bupati Banyuasin dengan Alas hak sekitar 150 hektar untuk usaha.

"Sekarang kasus masih di kembangkan oleh anggota tidak menutup kemungkinan bisa bertambah tersangka berdasarkan barang bukti yang di amankan hingga batas waktu 1 x 14 jam," beber Supriadi.

Sementara Enam tersangka di jerat dengan UU darurat no 51 tahun 65 dan 2 tersangka di kenakan pasal 170 Khup tentang pengerusakan.

"Jika tidak terbukti berbuat kriminal atau melanggar hukum kabid humas mengatakan warga akan di pulangkan namun jika terbukti akan tetap di proses sesuai aturan yang berlaku. "Jelasnya.

Hingga berita di buat puluhan keluraga warga yang di amankan masih berkumpul di Subdit lll jatanras Ditreskrimum Polda Sumsel untuk mengetahui khabar keluarganya yang di tangkap.

Sebagian besar mereka menunggu dengan membawa kebutuhan sehari hari keluargan seperti pakaian dan makanan. (Iskandar Mirza)

VIDEO