× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda Post Polres Malra Siagakan Personil dan Peralatan Pengamanan Menjelang Natal dan Tahun Baru

Polres Malra Siagakan Personil dan Peralatan Pengamanan Menjelang Natal dan Tahun Baru

SHARE
Polres Malra Siagakan Personil dan Peralatan Pengamanan Menjelang Natal dan Tahun Baru

Wakapolres Maluku tenggara Kompol Denni Ubro.

Tual, sidaknews.com - Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Siwalima Tahun 2019 dalam rangka Pengamanan Perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 diselenggarakan oleh Polres Maluku Tenggara, Kamis (19/12/2019).

 Bertempat di lapangan Upacara Polres Maluku Tenggara, apel ini diikuti oleh Wakil Ketua DPRD Kota Tual,Asisten III Setda Kita Tual, Kepala Dinas Koperasi Kota Tual, Staf ahli Bupati Maluku Tenggara Bidang Ekonomi, Tokoh Agama, serta pasukan dari TNI Polres Malra, Dinas Perhubungan Kab Maluku Tenggara dan Kota Tual, Satpol PP Malra dan Kota Tual, Basarnas, Brimob dan Orari Malra dan Kota Tual,

Kapolri Jenderal Polisi Drs Idham Azis M.Si. Dalam amanatnya yang dibacakan oleh Wakapolres Maluku Tenggara Kompol Denny Ubro menekankan, Operasi Lilin tahun 2019 merupakan operasi kepolisian terpusat akan dilaksanakan selama 10 hari, yang akan di mulai pada Senin 23/12 /2019 hingga Rabu 01/01/2020, dan Fokus pada pengamanan yang terdiri dari 61.308 objek di seluruh Indonesia, baik gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, lokasi perayaan tahun baru, terminal, pelabuhan, stasiun kereta api, dan bandara.

Jelang Natal dan Tahun Baru, Polres Malra Gelar Pasukan Operasi Lilin Siwalima Tahun 2019.

Operasi kali ini Lanjutnya, melibatkan 191.807 personel pengamanan gabungan yang terdiri atas 121.358 personel Polri, 17.190 anggota TNI, serta 55.259 personel yang berasal dari instansi terkait antara lain Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, Pemadam Kebakaran, Linmas, Senkom dan instansi lainnya.

“ Strategi yang diterapkan dalam operasi ini adalah mengedepankan tindakan preemtif dan preventif dengan didukung kegiatan intelijen, berupa deteksi dini dan deteksi aksi, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional, ” ucap Wakapolres Malra membacakan sambutan Kapolri.

Kapolri juga menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani, antara lain, pertama, tetap jaga kesehatan serta niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME. Kedua, pastikan setiap personel hadir sesuai plotting serta paham terhadap tugas dan tanggung jawabnya.

Ketiga, lakukan deteksi dini dengan memetakan titik-titk kerawanan secara tepat dan optimalkan penggalangan untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat. Keempat, laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik,
serta tingkatkan kewaspadaan pengamanan melalui penerapan buddy system dan terakhir mantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi.

Usai membaca Amanat Kapolri, Waka Polres Maluku Tenggara, kepada para Awak media mengatakan, untuk Wilayah Maluku Tenggara dan Kota Tual terdapat 10 Posko antara lain 9 Posko pengamanan yang tersebar Bandara Udara, Pelabuhan, Swalayan dll sedangkan 1 Posko pelayanan yang akan divtemoatkan pada area Pelabuhan Tual. katanya.

Terkait dengan Pengaman itu sendiri, ada pasukan gabungan dari TNI Polri, Pom, Dishub Malra dan Kota Tual, Basarnas, dan gabungan Sat Pol PP dikedua Daerah ini. ang berjumlah 570 orang. ujarnya.

Untuk itu Ubro mengajak Masyarakat di Kedua Daerah tetap menjaga Keamanan dan kenyamanan,serta memperhatikan lingkungan masing masing hindari pesta poro dan kemabukan agar kedua Daerah ini tetap Kondusif menjekang Natal dan Tahun Baru, ajaknya. (RD)