× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda sumut Polres Padangsidimpuan Potong 9 Ekor Hewan Sapi, Langsung Dibagikan Ke Masyarakat

Polres Padangsidimpuan Potong 9 Ekor Hewan Sapi, Langsung Dibagikan Ke Masyarakat

296
SHARE
Polres Padangsidimpuan Potong 9 Ekor Hewan Sapi, Langsung Dibagikan Ke Masyarakat

Kapolres Padangsidimpuan AKBP Juliani Prihartini SIK.M.H ketika menyaksikan pemotongan hewan Qurban yang akan di salurkan kepada masyat dalam rangka Hari raya idul adha 1441 H tahun 2020.

Sidimpuan, sidaknews.com - Dengan tetap menjaga protokol kesehatan di masa Covid 19 ini dalam Rangka Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Keluarga Besar (KB) Polres Padangsidimpuan menyembelih 9 ekor sapi untuk memperingati Hari Raya Idul Adha 1441 H tahun 2020 M, yang berlangsung di halaman Apel Mapolres Padangsidimpuan, Sabtu (1/8/2020)

Hadir dalam berqurban itu Kapolres Padangsidimpuan Juliani Prihartini SIK, MH, Waka Polres AKBP Matnur Dalimunthe, Ketua Bhayangkari Ny Jannah Matnur dalimunte para Kabag, Kasat, Kapolsek, para personil dan pengurus Bhayangkari cabang Padangsidimpuan.

"Kapolres Padangsidimpuan AKBP Juliani Prihartini, SIK,MH menghimbau kepada seluruh personil Polres Padangsidimpuan untuk lebih meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, dengan ibadah qurban ini “katanya.

Himbauan tersebut disampaikan Kapolres disela-sela menyaksikan pemotongan hewan kurban dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha 1441 H tahun 2020 M.

Kapolres mengatakan, kegiatan ber kurban selain memjalankan parintah Allah SWT, juga bahagian dari ber sedekah yang tujuannnya untuk meningkatkan keimanan kita selaku ummat muslim.

Kapolres menambahkan, kegiatan kurban yang merupakan momen sacral bagi ummat muslim dan bagian dari ibadah, sekaligus dalam rangka meningkatkan rasa keimanan selaku ummat Muslim.

“ Saya mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh personil yang telah menyisihkan sebahagian rezekinya untuk ber kurban, apalagi Idul Adha merupakan proses pribadi untuk menanamkan nilai-nilai keikhlasan terutama dalam mengabdi sebagai insan Bhayangkara melalui indahnya berbagi, ” kata Kapolres

Ia mengatakan acara kurban yang diikuti seluruh personil khususnya beragama muslim, sebagai bukti tingginya rasa kebersamaan personil terhadap masyarakat khususnya kaum duafa dan kegiatan ini sudah menjadi Program rutin Polres Kota Padangsidimpuan di bidang sosial keagamaan setiap tahun.

“ Polres Padangsidimpuan selalu mengharapkan agar masyarakat Kota Padangsidimpuan untuk tetap bersatu dalam kebersamaan untuk menjaga kambtibmas di wilayah hukum Polres Padangsidimpuan, ” Ucapnya.

Sementara Ketua panitia kurban kabagsumda Polres Padangsidimpuan Kompol Juhriansyah Matondang, SH, Menjelaskan untuk tahun ini, personil Polres Padangsidimpuan menyembelih 9 ekor sapi sebagai kurban.

Disebutkannya sapi kurban yang disembelih untuk dibagikan kepada masyarakat itu berasal dari Kapolres sebanyak satu ekor sapi, selebihnya dari Wakapolres para Kabag, Kasat dan seluruh keluarga besar Polres Padangsidimpuan.

“ Panitia sendiri menyiapkan 560 kupon kurban dan daging kurban untuk dibagi-bagikan kepada seluruh keluarga besar personil Polres Padangsidimpuan serta masyarakat dan kaum duafa yang berdomisili di sekitar lingkungan Polres Padangsidimpuan, “ tuturnya.

Dikatakannya, peserta yang ikut ber kurban tahun Ini membuktikan kesadaran para personil bahwa ber kurban merupakan bagian dari ibadah, sekaligus meningkatkan rasa keimanan khususnya bagi personil.

“ Kami dari panitia, mengharapkan agar amal ibadah kita khususnya yang ikut ber kurban maupun yang belum dapat ikut ber kurban selalu diterima Allah dan rezeki semakin berlimpah, “ karena umat Islam disunahkan untuk berkurban. Ibadah ini sekaligus melatih keikhlasan untuk memberikan sebagian harta yang dicintai kepada Allah," terangnya.

"Untuk meneladani dan menghidupkan sunah itu dan untuk melatih kerelaan melepas sebagian 'hak milik' kepada sebenar-benarnya Pemilik, maka ibadah qurban ini disyariatkan untuk kita umat Nabi Muhammad SAW,

Hukum ibadah kurban adalah sunah muakkad atau sunah yang sangat kuat, diistimewakan dan dianjurkan sekali.

"Ibadah qurban termasuk ibadah yang pahalanya sangat luar biasa jika kita lakukan karena Allah SWT. Dalam banyak riwayat Nabi Muhammad SAW senantiasa melakukan ibadah qurban setiap datang bulan Dzulhijjah," ucapnya

Berkurban memiliki sejumlah keutamaan di sisi Allah mulai dari pahala yang besar hingga ampunan atas segala dosa pungkasnya. (Sabar)

VIDEO