× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda Post PT Pertamina Siap Jadi Pemenang di Masa Depan

PT Pertamina Siap Jadi Pemenang di Masa Depan

SHARE
PT Pertamina Siap Jadi Pemenang di Masa Depan

PT Pertamina, Photo net.

JAKARTA, sidaknews.com - Ajang energi terbesar Pertamina Energy Forum 2019 (PEF 2019) berakhir pada Rabu (27/11) dengan menyuguhkan beragam informasi dan diskusi dari berbagai pelaku industry.

Melalui PEF 2019, PT Pertamina (Persero) menegaskan akan terus beradaptasi terhadap perkembangan baru untuk menjadi pemenang di masa depan.

Dengan tema "Driving Factors: What will Shape the Future of Energy Business", PEF 2019 tahun ini banyak membahas mengenai transformasi bisnis energi dari berbasis fosil menuju ke energi yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan.

"Kita perlu melakukan transformasi dari energi fosil ke energi bersih, mengimplementasikan climate agreement sambil fokus pada pertumbuhan ekonomi dan pengentasan kemiskinan lewat energi yang terjangkau," kata Nicke Widyawati, President Direktur PT Pertamina (Persero).

Untuk itu, Nicke menyatakan, setidaknya ada lima tugas yang harus dikerjakan oleh Pertamina, yaitu availability dengan cara membangun kilang dan discovery, connectivity, efisiensi dengan teknologi, affordability dan shifting ke renewable energy.

Dalam ajang PEF 2019, para panelis banyak menyoroti mengenai pentingnya transformasi energi di tengah disrupsi industri energi yang tak terbendung.

"Transisi energi sedang terjadi dan tidak dapat dihentikan, yaitu transformasi dari bahan bakar fosil menuju ke energi baru terbarukan dan energi bersih," kata Dharmawan H Samsu, Direktur Hulu PT Pertamina dalam sambutannya saat menutup PEF 2019.

Dengan fakta ini, menurut Dharmawan, Pertamina terus beradaptasi dalam melakukan transisi energi. Pertamina akan terus membangun dialog dengan pemerintah maupun semua stakeholder.

"Pertamina terus beradaptasi terhadap perkembangan baru untuk menjadi pemenang di masa depan," katanya.

Dharmawan menambahkan Pertamina berkomitmen penuh untuk menjadi perusahaan energi kelas dunia yang kompetitif, mencapai target yang dimandatkan oleh pemerintah dan menembus predikat Fortune 100 pada 2026.

PEF 2019 merupakan ajang energi terbesar yang dihadiri lebih dari 750 delegasi dan sejumlah pakar bidang energi sebagai panelis. PEF 2019 menghadirkan lima panel selama dua hari yang membahas mulai dari tren pasar, kebijakan, hingga perkembangan teknologi energi baru terbarukan.

Di hari pertama, panel pertama PEF 2019 menyajikan tema "Global Trend: What is driving the energy revolution?". Dilanjutkan dengan panel kedua yang membahas soal "Road Toward Green Energy". Hari pertama ditutup dengan panel ketiga dengan tema Technological Advancement & Digitalization".

Di hari kedua, PEF 2019 menghadirkan panel keempat dengan tema "Market Trend & Consumer Behaviour." PEF 2019 ditutup dengan panel terakhir yang membahas mengenai "Strategy for Energy Transition". (Red)