× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda Post Puluhan Mahasiswa Unsika Ikut Seminar yang Digagas Bawaslu

Puluhan Mahasiswa Unsika Ikut Seminar yang Digagas Bawaslu

SHARE
Puluhan Mahasiswa Unsika Ikut Seminar yang Digagas Bawaslu

Puluhan mahasiswa mengikuti Seminar Penegakan Hukum yang Berkeadlian "Evaluasi Pemilu 2019 dam Proyeksi Pilkada 2020", di Aula Fakultas Hukum Unsika, Kamis (12/12/2019).

KARAWANG, sidaknews.com - Puluhan mahasiswa mengikuti Seminar Penegakan Hukum yang Berkeadlian "Evaluasi Pemilu 2019 dam Proyeksi Pilkada 2020", di Aula Fakultas Hukum Unsika, Kamis (12/12/2019).

Acara yang digagas Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) itu untuk mengajak mahasiswa ikut berperan dalam mensukseskan Pilkada serentak 2020.

"Hasil dari evaluasi pemilu 2019, Bawaslu akan melakukan pengawasan netralitas Badan Usaha Milik Negara, Badan Usaha Milik Daerah, ASN dan Kepala Desa," ujar Kordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Provinsi Jawa Barat, Zaki Hilmi, usai mengisi acara.

Zaki mengatakan, politik uang akan menjadi skala prioritas pengawasan di pilkada 2020.

"Kita akan mengawasi netralitas ASN, birokrasi apalagi untuk daerah yang pilkadanya ada petahana," tegas Zaki.

Untuk itu, lanjut Zaki, Bawaslu saat ini membuka pelayanan bernama SALAM (saluran Aspirasi Masyarakat). Nantinya, masyarakat bisa ikut andil mengawasi jalannya Pilkada sehingga berjalan sebagaimana mestinya.

"Jika ada informasi awal terkait dugaan money politik dan politik transaksional dalam hal pendukungan calon bisa disampaikan langsung ke Bawaslu," ucap Zaki.

Selain itu, Bawaslu juga akan fokus mengawasi potensi kecurangan kampanye hitam di media sosial. Petugas Bawaslu akan rutin melakukan patroli medsos mencari akun-akun yang melakukan kecurangan di Pilkada 2020. (ENS)