× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda Post Rangkul Kasat Binmas Polres Sidimpuan, Kepala Desa Huta Koje Gelar Sosialisasi KDRT

Rangkul Kasat Binmas Polres Sidimpuan, Kepala Desa Huta Koje Gelar Sosialisasi KDRT

SHARE
Rangkul Kasat Binmas Polres Sidimpuan, Kepala Desa Huta Koje Gelar Sosialisasi KDRT

Kasat Binmas Polres Padangsidimpuan Iptu Sulhan Arifin Siregar, SH menjadi narasumber pada acara sosialisasi Tentang Hukum dan Perlindungan Masyarakat di desa huta koje Kota Padangsidimpuan, senin, (9/12/2019).

SIDIMPUAN, sidaknews.com - Untuk menghapus tindak Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) di tengah-tengah Masyarakat kepala desa Menggelar sosialisasi KDRT yang dilaksanakan di Aula kantor kepala Desa Huta Koje, Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padangsidimpuan. senin (9/12/2019).

Kegiatan tersebut turut di hadiri Kasat Binmas Polres Padangsidimpuan Iptu Sulhan Arifin Siregar, SH mewakili Kapolres Padangsidimpuan AKBP Hilman Wijaya, SIk, MH sebagai Nara Sumber dalam rangka sosialisasi Tentang Hukum dan Perlindungan Masyarakat dengan tema : "Pencegahan Kekerasan dalam Rumah Tangga" yang di juga hadiri oleh Sekretaris Camat Psp Tenggara Amri Taufik, mewakili Kajari Revendra, SH, kepala Desa Huta Koje Aspan Siregar, Bhabinkamtibmas serta personil Satbinmas Bripka Taufik Hidayah Harahap bersama perangkat desa dan Masyarakat Huta Koje.

Kepala Desa Huta Koje Aspan Siregar, mengatakan, bahwa kegiatan sosialisasi pencegahan KDRT terlaksana atas dukungan semua pihak dan Masyarakat desa Huta koje.

“Kegiatan sosialisasi ini memang kita laksanakan untuk mengurangi kasus KDRT di desa ini ,” katanya.

Selain sosialisasi tentang KDRT, lanjut kepala desa untuk memberi pengetahuan tentang Hukum dan Perlindungan Masyarakat bagaimana cara mendidik anak dengan baik dan benar sehingga anak menjadi kreatif dan kelak berguna bagi Nusa dan Bangsa.

“Kegiatan ini dilakukan untuk menciptakan kondisi keluarga yang harmonis dan sejahtera,” tandasnya.

Kasat Binmas Polres Padangsidimpuan Iptu Sulhan Arifin Siregar SH mengatakan, masih banyaknya kasus KDRT hingga tidak harmonisnya suatu keluarga, sangatlah penting bagi masyarakat untuk diberikan sosialisasi dan penyuluhan guna mencegah terjadinya KDRT.

“Masyarakat, khususnya kaum ibu-ibu , kita berikan pengetahuan tentang bagaiman cara menjaga keharmonisan dalam keluarga tanpa ada kekerasan. Hal ini sengaja dipaparkan untuk menghindari kekerasan supaya tidak berkelanjutan menjadi KDRT yang berujung perceraian,” ujarnya.

Menurut Pria ramah ini faktor utama terjadinya KDRT dalam pernikahan yaitu kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) seperti, latar belakang pendidikan, dan ekonomi sering kali menjadi pokok permasalahan.

“Dari data laporan yang masuk ke Polres paling dominan karena masalah faktor ekonomi yang tidak tercukupi. Permasalahan yang rentan terjadinya pertengkaran dan berujung ke arah kekerasan, "ungkapnya.

Kasat binmas juga menekankan agar seluruh anggota Bhabinkamtibmas jajaran Polres Padangsidimpuan untuk selalu hadir dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa maupun warga desa binaannya agar terjalin sinergitas dan kemitraan diantara aparat keamanan dengan seluruh warga masyarakat.

Dengan hadirnya Bhabinkamtibmas dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintah desa maupun warga desa binaannya, seperti pertemuan atau rapat maka akan dapat mengetahui setiap perkembangan yang terhadi didesa binaan dan juga akan terjalin suatu komunikasi yang baik dengan seluruh elemen masyarakat maupun dengan aparatur pemerintahan desa sehingga setiap permasalahan maupun persoalan akan segera dapat untuk diselesaikan,” tutupnya. (sabar)