× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda kepri Sahtiar: Tidak Perlu Rapid Test

Sahtiar: Tidak Perlu Rapid Test

200
SHARE
Sahtiar: Tidak Perlu Rapid Test

Situasi Saat Kedatangan KM Sabuk Nusantara 83 Di Pelabuhan Tarempa.

Anambas, sidaknews.com - Tim Gugus Tugas (TGT) Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) melakukan pemeriksaaan atau pengecekan suhu tubuh para penumpang dan Anak Buah Kapal (ABK) Kapal Motor (KM) Sabuk Nusantara 83 yang tiba dan sandar di pelabuhan Tarempa kecamatan Siantan Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), Sabtu (30/05/2020).

Pemeriksaan serta penyemprotan Desinfektan terhadap kapal dan barang bawaan dilakukan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 di Anambas terhadap KM Sabuk Nusantara 83.

Seperti diketahui, rute perjalanan KM Sabuk Nusantara 83 dari Tanjungpinang - Kuala Maras/Letung - Tarempa - Midai Sedanao - Pulau Laut - Ranai - Selat Lampa - Subi - Serasan - Sintete - Tambelan dan kembali ke Tanjungpinang.

Ketua pelaksana Tim Gugus Tugas KKA, Sahtiar menyampaikan, bahwa setiap kapal yang datang ke Anambas wajib diperiksa TGT.

"Kita wajib melakukan penyemprotan Desinfektan,cek suhu tubuh seluruh penumpang dan ABK, karena sudah menjadi rutinitas," ucapnya.

Sahtiar menjelaskan, rapid test tidak perlu dilakukan, dikarenakan ABK dan penumpang KM Sabuk Nusantara 83 tidak di perbolehkan turun atau keluar kepelabuhanan.

"Kita tidak perlu lakukan ravid test, karena tujuan penumpang ke Sintete.

Sahtiar menambahkan, untuk Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) yang membongkar dan menurunkan barang di KM Sabuk Nusantara 83 akan dilakukan rapid test.

"Sebanyak 16 orang Tenaga Kerja Bongkat Muat akan kita lakukan rapid test," imbuhnya.

Sementara, Kepala Cabang (Kacab) PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Anambas, Suharto Ginting saat dikonfirmasi menyampaikan, bahwa KM Sabuk Nusantara 83 membawa 72 orang penumpang dan 22 Anak Buah Kapal (ABK). Total seluruhnya ada 94 orang.

"Benar, manifes kita terima sudah cocok dan sesuai total seluruh penumpang dan ABK ada 94 orang," ujarnya.

Pemeriksaan KM Sabuk Nusantara 83 tersebut dihadiri Danlanal Tarempa, Polres dan Polsek Siantan, Dinas Perhubungan KKA, BPPD KKA, Tim kesehatan Puskesmas Tarempa. (Edo)

VIDEO