× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda ekonomi Satu Lagi Proyek Penyimpanan Energi Hengtong yang Berkapasitas Megawatt Tersambung ke Jaringan Listrik

Satu Lagi Proyek Penyimpanan Energi Hengtong yang Berkapasitas Megawatt Tersambung ke Jaringan Listrik

206
SHARE
Satu Lagi Proyek Penyimpanan Energi Hengtong yang Berkapasitas Megawatt Tersambung ke Jaringan Listrik

Sistem Penyimpanan Energi Hengtong.

Tiongkok, sidaknews.com - Sebuah proyek penyimpanan energi 8 MWh yang digarap Jiangsu Hengtong Energy Storage Technology Co., Ltd. berhasil melakukan transmisi listrik dengan aliran daya balik (reverse), dan telah tersambung ke jaringan listrik dalam satu kali percobaan.

Sebagai salah satu teknologi utama dalam revolusi industri energi baru, teknologi penyimpanan energi (energy storage) memanfaatkan sejumlah perangkat atau media fisik untuk menampung energi sebagai suplai cadangan. Sistem ini menyimpan energi saat kebutuhan listrik berada di titik rendah, dan melepaskan energi ketika beban jaringan listrik mencapai puncaknya. Dengan demikian, sistem penyimpanan energi bisa mengatasi fluktuasi dalam tingkat produksi energi baru.

Proyek seluas 140m2 tersebut memanfaatkan sambungan ke jaringan listrik yang bervoltase rendah, yakni 380 V. Sementara, pembangkit listriknya memanfaatkan sistem penyimpanan energi 2 MW/8 MWh dengan empat kontainer setinggi 40 kaki dan sejumlah fitur seperti insulasi termal, daya tahan terhadap korosi, daya tahan terhadap gempa bumi, dan kedap air. Setiap kontainer berkapasitas 500 kW/2 MWh.

Saat proyek ini mulai beroperasi, pemanfaatan energi dan solusi proteksi yang canggih dapat dilakukan, seperti penyesuaian kurva tingkat permintaan, suplai listrik cadangan, pengelolaan kapasitas, pelacakan beban listrik, perlindungan listrik dengan daya balik secara fleksibel, dan lain-lain.

Para pelanggan telah memuji keberhasilan sambungan listrik yang dilengkapi solusi teknis dan layanan bermutu tinggi yang profesional dari Hengtong Energy Storage.

Hengtong Energy Storage, unit usaha Hengtong pada segmen Power Industry Group, bergerak dalam pemanfaatan energi, implementasi multienergi, "Internet + Energi", serta beberapa teknologi dasar lainnya dalam industri energi. Hengtong Energy Storage menjadikan "Mining-Generation-Transmission-Distribution-Utilization-Storage" sebagai titik awal dari aktivitas bisnisnya.

Lebih lagi, Hengtong Energy Storage menjalankan Litbang, produksi, EPC, aktivitas operasional, jasa pemeliharaan produk, dan investasi dalam sejumlah proyek penyimpanan energi berskala besar.

Hengtong Energy Storage juga menyediakan berbagai solusi penyimpanan energi untuk sektor industri, komersial, dan rumah tangga, serta sistem penyimpanan energi untuk sistem kelistrikan, micro-grid, pembangkit listrik fotovoltaik yang terdistribusi, pembangkit listrik tenaga angin yang terdistribusi, fotovoltaik dan sistem penyimpanan energi, pemantauan energi, konservasi energi di sektor industri dan konstruksi, sistem pelengkap multienergi, pengelolaan energi berskala regional, dan sistem-sistem lain. Lewat sejumlah proyek tersebut, Hengtong Energy Storage ingin membangun rantai industri yang lengkap untuk berbagai layanan energi melalui kerja sama dengan jaringan listrik. (Red)

VIDEO