× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda peristiwa Satu Unit Rumah Permanen Terbakar di Gang PMD Kota Padangsidimpuan

Satu Unit Rumah Permanen Terbakar di Gang PMD Kota Padangsidimpuan

2666
SHARE
Satu Unit Rumah Permanen Terbakar di Gang PMD Kota Padangsidimpuan

TIM Identifikasi Satreskrim Polres Padangsidimpuan ketika melakukan olah TKP. Fhoto: Humas Polres Padangsidimpuan.

Sidimpuan, sidaknews.com - Satu unit bangunan rumah yang terletak di Jalan PMD gang Cendana Kelurahan. Timbangan, Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Kota Padangsidimpuan.terbakar pada Minggu (2/8) sekira Pukul 11:00 WIB.

Rumah permanen itu terbakar beserta barang berharga yang ada di dalamnya yang mengakibatkan kerugian diperkirakan mencapai Puluhan juta rupiah. Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran, namun dugaan awal berasal dari dapur rumah tersebut.

Kapolres Padangsidimpuan AKBP Juliani prihartini S.IK.MH Melalui Kasat Reskrim Polres Padangsidimpuan AKP Bambang H. Tarigan SH.M.H menerangkan insiden kebakaran itu masuk ke Polres Padangsidimpuan pada Minggu (2/8) sekitar pukul 11.20 Wib. Dari informasi itu satu unit rumah milik Parlindungan Pulungan (70) Warga Jalan Jend Sudirman Gang Mesjid Kelurahan Timbangan Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Kota Padangsidimpuan, yang ditempati Muhammad Nasar Hasibuan (33) mengalami kebakaran. Mendapati laporan, Polres Padangsidimpuan bersama Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padangsidimpuan langsung turun ke lokasi untuk melakukan penanganan.

Setelah menerima informasi Tiga Unit damkar tiba di TKP dan langsung melakukan penyemprotan dan pendinginan.

Tim yang tiba di lokasi kejadian melakukan pemadaman secepat mungkin. Pasalnya, rumah berada di tengah pemukiman padat penduduk. Dikhawatirkan, api menjalar ke bangunan sekitarnya. Petugas pemadam berjibaku melakukan pemadaman api secepat mungkin agar tidak api tidak menjalar ke bangunan di sekitarnya.

Rumah yang terbakar berada tepat di tengah pemukiman padat penduduk ludes dilalap sijago merah bersama barang berharga lainnya. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran itu. Terkait penyebab kebakaran, kasat Reskrim menyebut, dari pengakuan awal sejumlah saksi termasuk pemilik rumah diduga karena api berasal dari dalam rumah tersebut.

“ kini Tim identifikasi Satreskrim Polres Padangsidimpuan masih melakukan Olah TKP di lokasi. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan terkait harta benda yang terbakar. dari kejadian tidak ada korban jiwa, namun diperkirakan kerugian atas kebakaran itu mencapai Puluhan juta rupiah " ujar kasat.

AKP Bambang menghimbau kepada warga agar selalu waspada terhadap musibah kebakaran, hindari penumpukan colokan listrik di satu tempat karena bisa mengakumulasikan panas dan mengakibatkan korsleting listrik (arus pendek), serta harus dipastikan kabel instalasi listrik yang dipergunakan sudah sesuai standar.

"Pemeriksaan secara berkala juga diwajibkan untuk memastikan kondisi kabel masih baik ataukah perlu diganti karena beberapa bagiannya sudah terkelupas,” jelas Bambang. (sabar)

VIDEO