× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda hiburan, tebagsel Semarak Pagelaran Seni Budaya 9 Etnis di Pameran Sidimpuan Expo 2019

Semarak Pagelaran Seni Budaya 9 Etnis di Pameran Sidimpuan Expo 2019

1218
SHARE
Semarak Pagelaran Seni Budaya 9 Etnis di Pameran Sidimpuan Expo 2019

Penampilan budaya Nusantara pada pagelaran Budaya Pada pameran pembangunan Sidimpuan Expo 2019.

Sidimpuan, sidaknews.com - Pagelaran seni Budaya lintas Etnis pada Pameran Pembangunan Sidimpuan Expo 2019 yang di Pusatkan di Alun alun Alaman Bolak Nadimpu Kota Padangsidimpuan yang dikemas dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kota Padangsidimpuan yang ke 18, melalui Dinas Pariwisata Pemko Padangsidempuan mulai 18-19 Oktober 2019.

Acara tersebut dibuka Walikota Padangsidimpuan Irsan Effendi Nasution,SH menampilkan seni budaya 9 (sembilan) etnis yang merupakan gambaran ke heterogenan penduduk Kota Padangsidimpuan yaitu etnis Batak Angkola, Batak Mandailing, Batak Nias, Batak Toba, Batak Karo, Batak Simalungun, etnis tionghoa, etnis jawa dan etnis minang.

“Keberagaman suku dan budaya yang ada di Kota Padangsidimpuan merupakan bukti bahwa bangsa kita adalah yang besar dan keberagaman ini harus terus dirawat dan dipelihara dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.” Kata Walikota Irsan Effendi Nasution.

Selain itu Irsan Efendi Nasution juga mengajak seluruh lapisan masyarakat Padangsidimpuan agar mengenal dan mencintai Seni dan Budaya Daerah yang umumnya di seluruh Daerah Tabagsel khususnya yang ada di Kota Padangsidimpuan dengan tujuan agar untuk menarik wisatawan ke Kota Padangsidimpuan," Imbuhnya. Sementara kepada sejumlah Wartawan Kepala Dinas Pariwisata Kota Padangsidimpuan Mahlil Harahap Jumat (18/10) mengatakan, setiap etnis memperagakan atraksi budaya masing masing.

Etnis Batak Angkola dibawakan sanggar si sunggul lungun di bawah pimpinan Armada Saleh Pasaribu menampilkan tor tor naposo nauli bulung dan tor tor somba somba, etnis Batak Mandailing oleh sanggar saama saina binaan Emmi Darti Rambe menampilkan Drama Sampuraga dan Sanggar Sayur matua Bulung binaan Tamsor Efendi Hutasuhut menampilkan gordang sambilandan onang onang.

Kemudian Etnis Batak Nias oleh sanggar Hagaluo binaan Erik Agustinus Lase menampikan tari atraksi perang dan lompat batu, etnis jawa oleh sanggar Putra Langgeng Lestari binaan Hendra Gunawan menampilkan tari blendrong, tari bujang anong dan tari jaranan, seterusnya etnis Batak Simalungun oleh sanggar Korp FKIP UGN binaan Drs Yuswin H Damanik, MPd menampilkan tor tor simalungun dan tari ijuma simaliungun.

Etnis Batak Karo oleh sanggar maha etnik dance binaan Putri Norma Sari SPd menampilkan Tari UIS, Tari Piso surit dan tari mbring manggis, Etnis tionghoa oleh sanggar Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia binaan Alfian Laismana menampilkan Tari Traditional Chinesse Knight (Ing Siung) dan tari Mei Qui Wo Ai Ni, selanjutnya etnis minang oleh sanggar Finasti binaan Ahmad Safii menampilkan tari sutan mudo dan tari fatimah, dan etnis batak toba dibawakan sanggar Hatian Nagama Musik binaan Jusman Sinaga.

Pantauan,m Wartawan pada pagelaran tersebut tampak ribuan masyarakat sangat antusias dan kagum menyaksikan setiap penampilan peserta (9 Etnis) dan sesekali memberikan sambutan luar biasa di iringi tepuk tangan.

Pada acara tersebut tampak Hadir Wakil Walikota Ir Arwin Siregar, Sekda Kota Padangsidimpuan Letnan dalimunte, Ketua DPRD Kota Bpk Siwan Siswanto SH, Kajari Kota Viktor Saut Tampubolon SH MH, Ketua Pengadilan Negeri Kota, Kapolres Kota Akbp Hilman Wijaya Sik, Dandim 0212/TS Letkol Inf Akbar Nofrizal Yusananto Sip, Danyon 123/RW Letkol Inf Rooy Chandra Sihombing Sip, Ketua MUI Kota Bpk Zul Efendi Hasibuan Sag,Seluruh Unsur Forkofimko Padangsidimpuan, Toga, Toda, Toma Se- Kota Padangsidimpuan. (sabar)

VIDEO