× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda sumut Sering Bikin Gaduh, Septor Berknalpot Blong dan Resing di Padangsidimpuan Ditindak Tegas

Sering Bikin Gaduh, Septor Berknalpot Blong dan Resing di Padangsidimpuan Ditindak Tegas

327
SHARE
Sering Bikin Gaduh, Septor Berknalpot Blong dan Resing di Padangsidimpuan Ditindak Tegas

Tiga unit septor berknalpot blong diangkut ke Mapolres Padangsidimpuan, Rabu (29/7/2029) malam.

Sidimpuan, sidaknews.com - Sebanyak tiga unit kendraan roda dua yang menggunakan knalpot Blong terjaring razia oleh Petugas Polres Padangsidimpuan di Jalan kenanga Kota Padabgsidimpuan, Rabu (29/7/2020).

Kapolres Padangsidimpuan AKBP Juliani Prihartini S.IK.M.H.melalui Kabgops Polres Padangsidimpuan Kompol Ahmad Fauzi KS pihaknya menggelar razia knalpot blong merupakan tidaklanjut dari banyaknya keluhan dan pengaduan dari masyarakat terkait knalpot blong yang sangat terganggu dengan bunyi knalpot yang tidak standar tersebut," ungkapnya.

Selain itu dijelaskan Kompol Ahmad Fauzi, razia akan digelar secara berkesinambungan yang melibatkan personel dari Satlantas, Satreskrim,Satresnarkoba, Satintelkam. Malam ini, ada tiga sepeda Motor yang terjaring razia, karena menggunakan knalpot blong

Kabagops polres Padangsidimpuan juga berharap kepada semua masyarakat agar saling membantu dan saling mengerti dengan tidak menggunakan knalpot racing atau blong yang membuat suara bising dan mengganggu masyarakat, apalagi warga sedang menjalankan ibadah agama.

"Jadi bagi masyarakat yang mengunakan knalpot blong, akan kami berikan sanksi tegas berupa tilang, serta menyita knalpot, dan melakukan pemeriksaan kelengkapan kendaraan bermotor," terangnya.

Ditambahkannya, kegiatan razia knalpot blong ini akan terus dilakukan, dengan razia sistem hunting maupun pemantauan di jalan raya yang selama ini dibuat arena balap liar.

Kendaraan yang terjaring razia tersebut diamankan di Mapolres padangsidimpuan dan pengendara diwajibkan untuk mengikuti sidang tilang.

“Nanti saat pengambilan motor setelah sidang harus membawa knalpot yang standar. Untuk knalpot blong kami sita dan tidak bisa diambil lagi. Kami ambil langkah ini karena nanti takutnya kalau knalpotnya boleh dibawa pulang akan dipasang lagi juga,” imbuh dia.

Sosialisasi juga dilakukan kepada para pengendara yang didominasi anak muda. Menurut Kabagops, rata-rata pengendara menggunakan knalpot blong lantaran dianggap keren.

Petugas lantas mengedukasi pentingnya menjaga desibel suara knalpot agar tidak mengganggu ketenangan masyarakat.

“Kesadaran mereka masih rendah karena kurang paham batasan-batasan yang mengganggu ketenangan masyarakat. Kami edukasi tentunya. Karena mereka malah menganggap tindakan yang dilakukan keren. Jadi kami luruskan pola pikirnya,” kata dia.

Lebih lanjut ia menerangkan, giat tersebut akan digelar siang dan malam hari khususnya di wilayah Hukum Polres Padangsidimpuan, ketiga pengendara yang kena sanksi tilang milik anak muda,” tuturnya.

Selain menindak septor berknalpot blong dan racing, pihaknya juga mendapati beberapa pengendara tanpa dilengkapi surat-surat kendaraan, baik, SIM, STNK serta tanpa kaca spion, plat kendaraan dan tidak menggunakan helm, Tutup Kompol Fauzi.

Pantauan sidaknews com di Lokasi, selama razia berlangsung Petugas kepolisian tetap menjalankan Protokol kesehatan dengan menggunakan Masker.

Selain Kabgops polres Padangsidimpuan Kompol Ahmad Fauzi KS hadir juga dalam giat ini Kasat lantas. AKP Junaidi dan Kanit Turjawali Ipda Sulaiman Rangkuti dan Puluhan personil Polres Padangsidimpuan. (Sabar)