× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda pendidikan Siapkah Mahasiswa Melaksanakan Kuliah Tatap Muka Tahun 2021

Siapkah Mahasiswa Melaksanakan Kuliah Tatap Muka Tahun 2021

359
SHARE
Siapkah Mahasiswa Melaksanakan Kuliah Tatap Muka Tahun 2021

Hesti Ninpianti dari Mahasiswa Sosiologi Stisipol Raja Haji Tanjungpinang.

Bintan,sidaknews.com - Hesti Ninpianti dari Mahasiswa Program Studi Sosiologi semester tiga, Stisipol Raja Haji Tanjungpinang menyampaikan bahwa Mentri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim secara resmi telah membuat keputusan terkait izin penyelenggaraan pembelajaran tatap muka, Selasa (05/01/2020).

Dimana pembelajaran secara daring akan kembali seperti semula yaitu menjadi tatap muka. Pada saat itu melalui Kanal Youtube Kemendikbud RI pada hari jumat (20/11). Ia mengemukakan terkait keputusan dimaksud telah disahkan melalui surat kebijakan bersama yang telah di sepakati oleh empat mentri yaitu Kemendikbud, Kemenag, Kemendagri dan Kemenkes.

Namun, Pada saat ini pemerintah telah mengizinkan tingkat perguruan tinggi untuk membuka kelas offline kembali. Nadiem pun juga menegaskan perizinan yang dikeluarkan sangat bergantung kepada tiga pihak diantaranya ada Komite Orang Tua, Pemda dan juga Institusi pendidikan.

Melihat kondisi Pandemi di Indonesia yang masih belum cukup stabil dikendalikan dan tidak sedikit Mahasiswa yang menolak pembelajaran offline atau tatap muka yang di adakan kembali. Situasi yang tidak terkendali seperti ini membuat pemerintah perlu sekiranya mengkaji ulang kebijakan pembelajaran tatap muka.

Selain karena banyaknya wilayah yang tak terkendali hali ini juga dapat mengancam nyawa ribuan mahasiswa. Apa yang pemerintah lakukan adalah langkah yang sangat beresiko bagi banyak orang termasuk pelajar dimana nantinya akan bisa tertular covid-19.

" Bukan kekhawatiran dari mahasiswa saja tapi bahkan juga orangtua yang akan berpikir anaknya akan terpapar Corona. Pemerintah perlu membuat skema yang benar-benar bisa diterapkan disebagian besar Indonesia dan melakukan sistem tindakan pencegahan serta penindakan virus jika ada pelajar yang terkena atau terjangkit nantinya, " Ujar Hesti kepada awak media.

Masih sambungnya, Tujuan dan upaya pemerintah dalam melaksanakan pembelajaran tatap muka kembali seperti semula tentu memberikan harapan bagi kondisi pendidikan di Indonesia dan nafas baru bagi para pelajar. Namun, Apakah pelajar siap ataupun sanggup dengan kondisi sekarang. (Alek)