× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda sumut Simulasi Pengamanan Tahapan Pilkada Dipimpin Langsung Kapolres Tapsel

Simulasi Pengamanan Tahapan Pilkada Dipimpin Langsung Kapolres Tapsel

170
SHARE
Simulasi Pengamanan Tahapan Pilkada Dipimpin Langsung Kapolres Tapsel

Personel Polres Tapsel bersama TNI menggelar simulasi pengamanan Pilkada Tapsel 2020 yang berlangsung di Lapangan Serasi Desa Bintuju, Kecamatan Angkola Muaratais, Kabupaten Tapsel. Kamis (30/7/2020)

Tapsel, sidaknews.com - Pasca Rekapitulasi penghitungan suara, Kantor KPU Tapsel diceritakan sedang dikepung massa dari pasangan calon Bupati - Wakil Bupati yang kurang puas dengan hasil Pemilihan Umum (Pemilu).

Mereka menggelar unjuk rasa menuntut Pemilu ulang, setelah dilakukan Audiensi ternyata tidak menemukan kata sepakat, massa yang tidak terima atas Audiensi itu mulai rusuh dan pihak Kepolisian cepat mengamankan lokasi, pihak keamanan mencoba menghadang massa yang jumlah nya tak terbendung, pada akhirnya Petugas Kepolisian yang dibantu anggota TNI langsung melakukan pengamanan yang sesuai dengan SOP, sehingga massa bisa dipukul mundur.

Begitulah suasana Simulasi Pengamanan Pilkada 2020 yang digelar di Lapangan Serasi Desa Bintuju, Kecamatan Angkola Muaratais, Kamis (30/7/2020), yang Langsung dipimpin Kapolres Tapanuli Selatan AKBP Roman Smaradhana Elhaj, SH, SIK, MH.

Layaknya kejadian sungguhan, simulasi tersebut sebagai langkah Kepolisian bagaimana menyiapkan diri dalam menghadapi kerusuhan massa yang dimungkinkan terjadi saat Pilkada di Tapsel

Simulasi Pengamanan Tahapan Pilkada Tapsel ini juga melibatkan TNI, Polri, Pemkab Tapsel serta masyarakat, Simulasi ini bertujuan untuk mengantisipasi apabila terjadi permasalahan atau kericuhan pada tahapan Pilkada 2020.

"Simulasi ini bertujuan untuk mengantisipasi apabila terjadi permasalahan atau kericuhan pada tahapan Pilkada 2020 dan hasilnya sungguh mengejutkan, kami dari Polri dan TNI serta unsur lainnya siap mengamankan Pilkada Tapsel 2020," ujar AKBP Roman Smaradhana Elhaj, SH, SIK, MH saat memberi pengarahan.

Acara berlangsung seru dihadiri ratusan warga masyarakat sekitar lapangan serasi yang memberikan Aplaus atas pelaksaanaan Simulasi Pengamanan Tahapan Pilkada.

Sementara itu, Bupati Tapanuli Selatan, H. Syahrul M Pasaribu ketika ditemui di sela-sela Kegiatan Simulasi meminta seluruh elemen masyarakat Tapanuli Selatan untuk mendukung TNI dan Polri dalam pengamanan Pelaksanaan Pilkada Tapsel 2020 yang akan berlangsung hingga September mendatang.

"Saya meminta semua lapisan masyarakat untuk mendukung TNI dan Polri dalam pengamanan tahapan Pilkada yang akan penuh dengan Dinamika," ujar Bupati.

Menurut Bupati Syahrul M Pasaribu, dukungan masyarakat kepada TNI dan Polri merupakan hal yang sangat penting, sehingga tercipta Pilkada yang aman dan sejuk.

Terkait Simulasi Pengamanan Tahapan Pilkada yang diselenggarakan Polres Tapsel, Bupati Syahrul M Pasaribu menilai sudah Tepat.

"Kita saksikan tadi berbagai peragaan yang dilakukan bersama Anggota Polri, TNI dan Masyarakat Sipil, saya kira sudah sangat sesuai dengan harapan, mereka dengan cepat mengantisipasi dan menangani setiap keadaan, kita harus berterimakasih kepada Polri dan TNI yang telah melaksanakan Simulasi dengan sangat baik," imbuh Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M Pasaribu.

Hadir dalam Simulasi itu, Bupati Tapanuli Selatan H. Syahrul M Pasaribu SH, Dandim 0212/TS Letkol Inf. Akbar Nofrizal Yusananto, SIP, Danyon 123/Rajawali Letkol Inf. Rooy Chandra Sihombing, SIP, Ketua KPU Tapsel, Ketua Bawaslu dan Unsur Pimpinan lainnya

Semua rangkaian kegiatan berjalan aman dan tertib, Masyrakat yang menyaksikan kegiatan tersebut meng-apresiasi Polres Tapsel dibawah kepemimpinan AKBP Roman Smaradhana Elhaj, SH, SIK, MH. (sabar)