× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda daerah Sinergitas DLH Kabupaten Blitar dan Desa Minggirsari Wujudkan Kegiatan Terpadu Kali Bersih

Sinergitas DLH Kabupaten Blitar dan Desa Minggirsari Wujudkan Kegiatan Terpadu Kali Bersih

410
SHARE
Sinergitas DLH Kabupaten Blitar dan Desa Minggirsari Wujudkan Kegiatan Terpadu Kali Bersih

Kepala Desa Minggirsari, Eko Hariadi.

Blitar, sidaknews.com - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blitar dan Desa Minggirsari dalam mewujudkan kerjasama terpadu kali bersih ini dalam upaya konservasi dan mewujudkan ekowisata sisir sungai di DAS Sungai Brantas, serta upaya meningkatkan kualitas lingkungan di desa/kelurahan di kabupaten Blitar.

Desa Minggirsari salah satu contoh desa yang berhasil melakukan konservasi alam dan memanfaatkan potensi tersebut menjadi salah satu destinasi wisata di Blitar dan Jawa Timur. Sosialisasi dan pengenalan terus di upayakan DLH melalui penanaman bibit tanaman di aliran sungai Brantas, Selasa (20/10/2020).

Kabid Pengawasan dan pengendalian dampak lingkungan DLH kabupaten Blitar, Diana Ainu Rofiq, ST, M.Si di temui sidaknews.com di ruang kantornya menyampaikan, "terkait dengan fungsi pemanfaatan sungai khususnya di kabupaten Blitar Jawa Timur, ada Perbub No. 53 Tahun 2017 tentang kegiatan terpadu kali bersih. Perbub ini dibuat atas dasar untuk meningkatkan kualitas air sungai di kabupaten Blitar, selanjutnya adalah mewujudkan sistem kelembagaan yang bertanggung jawab dalam mengatasi limbah dan pencemaran air. Mewujudkan kesadaran dan partisipasi aktif masyarakat dalam pengendalian pencemaran air". tegasnya.

"Seperti di desa Minggirsari kecamatan Kanigoro yang sudah berhasil dalam konservasi dan penanganan serta pemanfaatan aliran sungai. Bekerjasama dengan dinas lingkungan hidup dalam memanfaatkan sungai Brantas untuk ECO wisata edukasi konservasi alam dan wahana wisata Kinter Ban, yang manfaatnya bisa menambah pendapatan masyarakat desa Minggirsari. Dinas Lingkungan Hidup menekankan kepada para pelaku usaha disekitar aliran sungai untuk mengolah limbah cairnya harus ada IPAL.

"Aksi bersih-bersih Kali Massal sudah sering dilakukan untuk semakin meningkatkan mutu air di sungai besar di kabupaten Blitar".

"Uji klinis air sungai air sungai dilaksanakan Dinas Lingkungan Hidup agar pencemaran dan sumber pecemaran dapat segera diselesaikan. Harapannya sinergitas antara dinas dan pihak terkait dapat mewujudkan kesadaran warga untuk terus berupaya agar tercipta lingkungan hidup yang sehat", pungkasnya.

Kades Minggirsari kecamatan Kanigoro Blitar Eko Hariadi menyampaikan, Dinas Lingkungan Hidup sangat mensupport giat wisata yang dibangun di desa MinggirsariAlam ini harus kita jaga dan kita lestarikan, dukungan penuh dari pemerintah daerah dalam hal ini DLH, melalui pendampingan dan bantuan bibit pohon serta penanganan kebersihan sangat membantu desa Minggirsari dalam upaya mewujudkan ECO wisata alam yaitu sisir sungai Brantas dan kintir ban serta upaya konservasi di sekitar DAS Sungai Brantas. Perdes masalah penangkapan ikan dengan racun atau strum sudah 3 tahun ini dilarang, menembak burung juga dilarang dengan sanksi tegas bagi para pelanggar, tandas Eko.

Kades Eko berharap bahwa adanya sanksi tegas terhadap siapa saja yang membuang limbah di sungai, karena bisa merusak ekosistem yang ada. Motivasi dari Proklamator Soekarno yang berbunyi, " Ketika di hati kita punya tekad yang kuat maka alam akan mendukung kita". Motivasi inilah yang menjadi dasar dari usaha pemerintah Desa Minggirsari dalam mengelola dan mengembangkan potensi alamnya menjadi lebih baik dan lebih baik lagi, tutup nya."(Bas/Adv/Kmf)

VIDEO