× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda sumut Sinergitas TNI - Polri dan Pemerintah Operasi Yustisi di Kota Padangsidimpuan Terus Berlanjut

Sinergitas TNI - Polri dan Pemerintah Operasi Yustisi di Kota Padangsidimpuan Terus Berlanjut

216
SHARE
Sinergitas TNI - Polri dan Pemerintah Operasi Yustisi di Kota Padangsidimpuan Terus Berlanjut

Petugas gabungan saat melakukan operasi yustis di jalan Sudirman, kota Padangsidimpuan, Rabu (13/1/2021)

Sidimpuan,sidaknews.com - Dalam penanganan dan pengendalian Covid-19 di wilayah Kota Padangsidimpuan, Kepolisian setempat melakukan razia operasi Yustisi sesuai Perwal No.28.
tahun 2020 tentang protokol kesehatan Rabu (13/1/2021), di jalan Sudirman eks Merdeka, Kecamatan Padangsidimpuan Utara, kota Padangsidimpuan.

Razia Operasi Yustisi memberikan teguran dan imbauan kepada masyarakat berjalan kaki maupun pengendara kendaraan sepeda motor atau pengendara mobil yang tidak memakai masker saat melintas.

Kegiatan diawali dengan pelaksanaan Apel persiapan Operasi pada pukul 10.00 wib yang di pimpin oleh Kabag Ops Kompol Ahmad Fauzi KS selaku Karendal Ops Aman Nusa II Polres Padangsidempuan 2021 yang berlangsung di lapangan Apel Koramil 02/Kota Padangsidimpuan dan dihadiri oleh para personil bintara yang tergabung dalam sprin (surat Perintah) Operasi.

Kegiatan dilanjutkan pelaksanaan Operasi yang dilakukan bersama dengan TNI (koramil 02/kota) dan Satpol PP, Dishub, BPBD kota Padangsidimpuan, dengan sasaran tempat-tempat umum serta tempat lain yang mendatangkan berkumpulnya orang banyak seperti pasar, rumah makan dan tempat nongkrong anak muda, di kota Padangsidimpuan.

Kapolres Padangsidimpuan AKBP Juliani Priharitini S.IK.M.H Melalui Kabagops Kompol Ahmad Fauzi KS mengatakan, Operasi Yustisi tetap digelar untuk menguatkan budaya masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan Covid-19, misalnya memakai masker. Karena sampai saat ini masih banyak masyrakat tidak menghiraukan Prokes tersebut terutama dalam hal menggunaan masker.

“Dalam operasi hari ini, kami masih saja menemukan adanya warga ataupun pengendara sepeda motor atau pengendara mobil yang tidak menggunakan masker,” katanya.

“Mereka yang tidak menggunakan masker, oleh pihak terkait memberikan sanksi sosial berupa teguran melaksanakan pembersihan dilokasi Razia Operasi Yustisi untuk memberikan efek jera kepada pelanggar protokol kesehatan Covid-19,” ucapnya.

Selanjutnya Kabagops menegaskan, bahwa penggunaan masker ini merupakan hal yang penting, mengingat setiap orang tidak pernah tahu adanya gejala atau pun sumber penyebaran virus sehingga perlu ada kewaspadaan saat beraktivitas diluar rumah.

“Kami mengajak bersama-sama untuk mentaati anjuran dari Pemerintah, memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Dengan mengikuti anjuran Pemerintah, maka kita turut andil dalam memutus mata rantai penyebaran virus Corona,” pesannya.

Kompol Ahmad Fauzi KS menerangkan, bahwa di dalam Perwal 28 Tahun 2020 tersebut ke depan penerapan protokol kesehatan akan bisa dijalankan dengan baik dan disiplin.

“Perwal ini harus benar-benar ditegakkan, agar bisa memutus mata rantai Covid-19. Kalau tidak ada sanksi, masyarakat tidak taat dan disiplin patuhi protokol. Dengan sanki dan tindakan tegas, tentu kita bersama dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ungkapnya.

Disamping kegiatan itu Petugas gabungan juga membagikan masker dan menyampaikan pesan-pesan kamtibmas agar dapat menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di lingkungan tempat tinggal masing masing. (sabar)