× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda daerah Tanggulangi AIDS, Pjs Walikota Blitar Canangkan Tiga Zero

Tanggulangi AIDS, Pjs Walikota Blitar Canangkan Tiga Zero

151
SHARE
Tanggulangi AIDS, Pjs Walikota Blitar Canangkan Tiga Zero

Blitar, sidaknews.com - HIV/AIDS telah menjadi salah satu wabah penyakit paling mematikan dalam sejarah umat manusia. Sebab, dampak penyakit ini juga tidak hanya di sisi kesehatan, namun juga mempunyai implikasi sosial, ekonomi, etnis, agama dan hukum. Bahkan cepat atau lambat akan menyentuh hampir semua aspek kehidupan manusia.

Pemerintah Kota Blitar menggelar rapat koordinasi penangulangan AIDS di Ruang Sasana Praja Kantor Walikota Blitar, Rabu (18/11/2020). Dalam rapat koordinasi penangulangan AIDS tersebut, Pjs Walikota Blitar, Jumadi mencanangkan tiga Zero.

Upaya Pemkot Blitar, untuk menekan dan mengantisipasi penularan AIDS, terus dilakukan. Dalam menekankan angka penularan AIDS tersebut, Pemkot Blitar melalui evaluasi kinerja progam akan terus melakukan pemantauan.

“Komisi Penangulangan Aids (KPA) dan partisipasi masyarakat sangat penting. Karena data penemuan dari keduanya, membuat rencana aksi menjadi fokus dan terarah, “kata Pjs Walikota Blitar, Jumadi.

Jumadi menegaskan, dalam rapat penangulangan AIDS tersebut, mencanagkan tiga zero yang sesuai amanat Mentri kesehatan. Tiga zero yang di maksud yaitu, tidak ada infeksi baru, tidak ada kematian dan tidak ada diskriminasi.

“Untuk itu kami meminta agar semua elemen yang tergabung dalam penangulangan Aids Kota Blitar bisa meningkatkan sinergi untuk mengoptimalkan langkah penangulangan . Demikian ini agar tidak ada tambahan penularan,”Berdasarkan data yang ada Jumadi menyampaikan, mulai tahun 2019 pada bulan oktober kota Blitar ada peningkatan angkanya mencapai hingga 19 persen lebih, atau dari jumlah 204 naik menjadi 254 kasus, memiliki nilai indek kematian yang masih relatif tinggi yaitu sebesar 30 persen.

“Ini artinya kita Pemerintah kota Blitar harus banyak mengevaluasi pada tingkat hambatan yang ada selama ini. Tantangannya apa? Maka kepala dinas kesehatan dan Ketua Bappeda Kota Blitar, agar menyusun rencana kerjanya kembali apa langkah ke depan yang tepat cepat dan akurat,” tegasnya Jumadi Pjs Walikota Blitar. (Bas/adv/hms)