× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda nasional Tiga Warga Aceh di Malaysia Diduga Positif Covid-19 Menyerahkan diri ke KMAM

Tiga Warga Aceh di Malaysia Diduga Positif Covid-19 Menyerahkan diri ke KMAM

266
SHARE
Tiga Warga Aceh di Malaysia Diduga Positif Covid-19 Menyerahkan diri ke KMAM

Proses penjemputan tiga Warga Aceh di duga Positif Covid-19 di Malaysia. (Foto Ist)

KUALA LUMPUR, sidaknews.com - Presiden Komunitas Melayu Acheh Malaysia (KMAM), Datuk Haji Mansyur bin Usman dalam siaran pers, pesan tertulis diterima Kepala Perwakilan www.sidaknews.com. Senin 25 Mei 2020, menyebutkan, tiga warga Indonesia yang berasal dari Aceh diduga Positif Virus Covid-19.

Sempat viral di Malaysia setelah melarikan diri kini telah menyerahkan diri ke Komonitas Melayu Acheh Malaysia (KMAM), untuk dibawa ke rumah sakit guna mendapatkan penanganan oleh pihak terkait di Malaysia,” kata Haji Mansur, Presiden. 

Disebutkan, KMAM ingin memaklumkan kesediaan ketiga warga Aceh tersebut menyerahkan diri merupakan hasil fasilitasi dan pendekatan persuasif yang dilakukan oleh KMAM secara terus menerus sejak berita mereka melarikan diri tiba-tiba menjadi viral di berbagai media.

“Alhamdulillah pendekatan persuasif yang dilakukan oleh semua pihak baik langsung atau tidak langsung mendapatkan sambutan yang baik dari ketiga warga tersebut yang dengan suka rela menyambut uluran tangan pihak KMAM dalam mencari solusi yang terbaik untuk menyelesaikan masalah ini secepatnya,” kata Haji Mansur.

Oleh karena itu dengan difasilitasi oleh pihak KMAM, proses evakuasi ketiga warga Acheh ini ke rumah sakit berjalan dengan lancar sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku.

Datuk Haji Mansur menambahkan, pihak KMAM akan melakukan pendekatan persuasif ini sebagai bentuk tanggung jawab untuk mendukung kebijakan pemutusan mata rantai penyebaran virus berdasarkan SOP yang diterapkan oleh Pemerintah Malaysia.

Menyerahkan diri untuk mendapatkan penanganan di rumah sakit adalah opsi terbaik bagi ketiga warga Aceh tersebut.

Di sisi lain, ini juga sebagai tanggung jawab terhadap rakyat Acheh khususnya dan Indonesia pada umumnya.
Ketika mereka setuju untuk mendapatkan penanganan Covid-19 di Malaysia, ini berarti ketiga orang itu tidak lagi pulang ke Indonesia dalam keadaan diduga positif terpapar virus corona.

Kalau ini terjadi, maka besar kemungkinan mereka akan menularkan virus corona ini dengan siapa saja yang ada kontak dengan mereka.

“Tidak salah jika pihak KMAM mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kerja sama yang sangat baik yang diberikan oleh ketiga warga yang berasal dari Aceh tersebut,” kata Datuk Haji Mansur. (D.ril)