× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda kepri Tingkatkan Kreativitas, GenBI Kepri Adakan Kelas Desain Grafis

Tingkatkan Kreativitas, GenBI Kepri Adakan Kelas Desain Grafis

245
SHARE
Tingkatkan Kreativitas, GenBI Kepri Adakan Kelas Desain Grafis

Kegiatan Graphic Design Class dengan tema Creative Minds, Inspire Others yang diadakan GenBI Kepri

Tanjungpinang, Sidaknews.com - GenBI Kepri telah sukses melaksanakan kegiatan Graphic Design Class yang diusung dengan tema "Creative Minds, Inspire Others" pada hari Sabtu, 17 Oktober 2020, kegiatan ini berlangsung di Sekretariat GenBI Kepri dengan tetap patuh pada Protokol Kesehatan.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Divisi Kominfo GenBI Kepri dengan sasaran peserta yaitu delegasi keanggotaan GenBI Kepri Komisariat Universitas Maritim Raja Ali Haji, setiap divisi diwakili oleh 3 anggota, mengingat keterbatasan situasi Pandemi saat ini yang membuat kita harus tetap jaga jarak, sebelum kegiatan dimulai pun, setiap peserta diwajibkan menggunakan masker dan juga panitia sudah menyediakan Hand Sanitizer.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Erda Sri Cahyani selaku Ketua Umum GenBI Kepri, selama kegiatan berlangsung, para peserta dipandu oleh moderator yaitu Refda Swinty yang juga merupakan anggota dari Divisi Kominfo, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi terkait desain grafis oleh Sulthan Syarif, seorang mahasiswa Teknik Informatika sekaligus anggota GenBI Kepri yang tentunya sudah memiliki bekal Soft Skill dan mahir di bidang Desain Grafis.

Dalam kegiatan ini peserta diberikan pemahaman mengenai pengertian Desain Grafis terlebih dahulu, dengan menggunakan aplikasi Inkscape, peserta diperkenalkan dengan Colour Palette, Toolbox, dan menu utama lainnya, sehingga peserta bisa membuat vektor dengan mudah menggunakan perangkat lunak ini dan tidak hanya Vector saja namun kita bisa mendesain dengan menggunakan perangkat lunak ini sepeti, membuat Desain Logo, membuat gambar Vector, edit gambar dengan Ekstensi SVG, membuat Kartun, membuat Teks Vector dan membuat Lukisan Kompleks.

"Dalam segala hal kita butuh desain grafis, ibarat kita ingin membuat cover buku atau jurnal atau spanduk, kita membutuhkan Soft Skill Desain Grafis," tutur Sulthan Syarif di sela-sela penyampaian materi.

Tampak para peserta sangat antusias mencoba mengasah kemampuan softskill di bidang Desain Grafis dan serius pada saat materi disampaikan. Pemateri pun juga melempar beberapa pertanyaan kepada peserta dan memberikan reward bagi peserta yang menjawab pertanyaan tersebut.

Ketua pelaksana dalam kegiatan ini, Kelvin Rezky Fauzan, menyatakan kegiatan ini dapat memberikan pemahaman dasar dalam desain grafis dan dapat mengapkikasikannya dalam kegiatan sehari-hari.

"Harapan saya setelah diadakannya kegiatan kelas desain ini adalah semoga peserta semua bisa mengetahui dasar-dasar dari Desain Grafis seperti yang telah diajarkan dan agar dapat dipelajari lebih lanjut nantinya supaya ilmu yang didapatkan tadi bisa berguna nantinya," ujar Kelvin.

Esensi dilakukan kelas desain grafis ini tentunya berdasarkan pada perkembangan Dunia Digital yang melesat cepat di era Globalisasi, apalagi ditengah Pandemi Covid-19 ini menuntut generasi pemuda meningkatkan level kreativitas yang divisualkan sebagai fungsi komunikasi, melalui kegiatan seperti ini, GenBI Kepri sebagai Agent of Change dapat berperan membawa perubahan kedepan untuk menjawab tantangan dimasa yang akan datang, selain itu GenBI Kepri sebagai front liner juga menyampaikan informasi dengan baik secara komunikasi visual. (Rls)