× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda tual Tuty: Pemkot Wajib Alokasikan 10 Persen Dana APBD Untuk BPJS Kesehatan

Tuty: Pemkot Wajib Alokasikan 10 Persen Dana APBD Untuk BPJS Kesehatan

303
SHARE
Tuty: Pemkot Wajib Alokasikan 10 Persen Dana APBD Untuk BPJS Kesehatan

Acara Forum Koordinasi BPJS bersama Pemerintah Daerah Pemkot Tual.

TUAL, sidaknews.com - BPJS Kesehatan kembali mengingatkan peran penting Pemerintah Daerah (Pemda) dalam menyukseskan dan menjaga keberlangsungan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Sebagai salah satu tulang punggung JKN.

Hal ini dikatakan Tuty salah satu Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan, BPJS Cabang Provinsi Maluku Selasa (3/12/2019), dalam acara Forum Koordinasi BPJS bersama Pemerintah Daerah.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekertaris Daerah Kota Tual, Kepala Bapeda, Kepala OPD terkait, pimpinan dan staf BPJS Kota Tual, Perwakilan BPJS Provinsi Maluku dan perwakilan beberapa Pejabat Desa di Kota Tual.

Dikatakannya pula, kedepan kiranya Pemda dapat lebih mengoptimalkan perannya demi terwujudnya cita-cita Universal Health Coverage (UHC) yang rencananya akan terealisasi paling lambat 1 Januari 2020 mendatang. ujarnya

Selain itu, Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan juga mewajibkan Pemda untuk mengalokasikan 10% dari APBD untuk sektor kesehatan, sehingga progress integrasi ke JKN pun diharapkan mampu digenjot tahun ini. Kata Tuty di Aula Kantor Walikota Tual, jelasnya.

Selain itu, Pemda juga perlu memberikan kemudahan yang seluas luasnya bagi Masyarakat Kota Tual, agar tercapainya Universal Health Coverage (UHC) dan membantu sustainibilitas finansial JKN, sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) RI Nomor 75 Tahun 2019.

Lebih jauh di katakannya, Pemda juga harus mampu menjadi motor penggerak gaya hidup sehat kepada masyarakat, karena sustainibilitas program JKN sangat bergantung kepada iuran peserta yang sehat untuk membayar biaya pelayanan kesehatan peserta yang sakit, tutup tuty. (RD)