× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda sumut Upacara Peringatan HUT Korps Paskhas ke 73 Dilaksanakan Secara Virtual

Upacara Peringatan HUT Korps Paskhas ke 73 Dilaksanakan Secara Virtual

257
SHARE
Upacara Peringatan HUT Korps Paskhas ke 73 Dilaksanakan Secara Virtual

Pemotongan nasi tumpeng oleh Danwing III Paskhas Kolonel Pas Deni Ramadani pada acara syukuran peringatan HUT Paskhas ke-73 di Medan.

Medan, sidaknews.com - Upacara Peringatan HUT Korpaskhas ke 73 dilaksanakan secara virtual ditengah Pendemi Covid 19, dipusatkan di Auditorium Mabesau, dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Sabtu (17/10/2020).

Tepat pukul 8:30 WIB, upacara secara virtual dimulai dengan penayangan live streaming dan wawancara virtual Kasau dengan beberapa satgas Paskhas yang sedang melaksanakan penugasan Lebanon, Papua, Ambon dan Lhokseumawe.

Kepala staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dalam kata sambutannya mengatakan bahwa tepat di hari ini, 73 tahun lalu, kita memperingati hari jadi KORPASKHAS, tantangan dan darma bakti Korpaskhas telah terpatri menjadi bagian dari torehan emas sejarah bangsa sejak dahulu hingga sekarang, insya Allah sampai kapanpun juga. Dihari jadi yang ke 73 ini kita patut bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada pendahulu, para pelopor dan sesepuh Korpaskhas yang telah memberikan contoh dan teladan dan dedikasinya kepada bangsa dan negara.

Tidak ada wujud terima kasih melainkan meneruskan perjuangan yang telah mereka rintis. Para prajurit Korpaskhas harus dapat meneladani kegigihan dan perjuangan mereka dengan membangun serta meningkatkan kemampuan Korpaskhas untuk lebih baik lagi.

"Sebagai pemimpin TNI AU, saya berkeinginan untuk membesarkan organisasi dan meningkatkan kemampuan Korpaskhas pada tingkat yang semakin tinggi. Korps baret jingga ini harus terus bisa berkontribusi bagi bangsa. Memiliki kemampuan sebagaimana pasukan khusus lainya di dunia. Impian ini harus dibarengi tekad yang kuat oleh segenap prajurit Korpaskhas sendiri. Korpaskhas harus siap menjawab tantangan tugas dimasa kini tapi juga dimasa mendatang, baik ancaman militer, maupun non militer. Peningkatan spectrum ancaman dan kemajuan teknologi prajurit Korpaskhas juga harus siap menghadapi ancaman nuklir, radiologi, biologi maupun kimia",ucap Kasau.

Lanjutnya lagi, Panglima TNI sudah memerintahkan agar satuan elit TNI baik darat, laut maupun udara agar disiapkan menghadapi ancaman senjata tersebut dimasa depan, di TNI AU hal tersebut disiapkan melalui pengembangan kemampuan didalam tubuh Korpaskhas tidak hanya itu prajurit Korpaskhas harus siap mengantisipasi ancaman dan karakter baru dalam pertempuran masa depan.

Pemenuhan persenjataan Korpaskhas merupakan upaya untuk memenuhi hal tersebut. Sehingga kemampuan angkatan udara dimasa depan benar-benar dapat dilaksanakan. Diera informasi yang serba dinamis kita harus beradaptasi dan berupaya lebih gigih agar tidak tertinggal.

Korpaskhas harus bisa beradaptasi dengan perkembangan tersebut melalui penyiapan kualitas SDM yang mempuni tampa mengenal lelah.

"Sesuai moto Korpaskhas "karmanye Vadiskaraste Mafalesu Kadatjana" hal tersebut harus dijaga dari lubuk hati yang paling dalam dan terus mengabdi pada kepentingan bangsa dan negara dengan semangat tampa mengenal pamrih. Prajurit Korpaskhas yang saya banggakan pada momentum peringatan HUT Korpaskhas ke 73 kali ini, saya menekankan kepada semua insan prajurit Korpaskhas dimanapun berada, tanamkan minesite didalam hati dan pikiran serta teruslah berinovasi agar Korpaskhas senantiasa tumbuh semakin hebat, semakin tangguh dan semakin disegani, ingat prajurit hebat bukan hanya yang cuma tau kelebihannya tapi tau juga apa yang menjadi kekuranganya dan berusaha untuk memperbaikinya. Prajurit tangguh bukan hanya mereka yang tak mengenal rasa takut tapi mereka yang bisa mengendalikan rasa takutnya, tahu resiko tugasnya dan tetap semangat berjuang dalam resiko yang dihadapi. Ketahuilah prajurit yang disegani bukan hanya mereka yang memiliki fisik prima dan keahlian yang mumpuni tapi harus memiliki kemampuan berpikir yang kritis dan inovatif hingga dapat membaca situasi yang dihadapi serta memanfaatkan sumber daya yang dimiliki",ucap Kasau.

Sementara di Medan, peringatan HUT ke- 73 Korpaskhas diikuti oleh Danwing III Paskhas, Kolonel Pas Deni Ramdani beserta Wadan serta para Kasi, Danyonko 469 Paskhas, Letkol Pas Agus Yoga Permana berserta para Pasi.

Usai peringatan HUT ke -73 di Medan secara Virtual, dilanjutkan dengan acara syukuran dengan pemotongan nasi tumpeng oleh Danwing III Paskhas diserahkan kepada satu-satunya PNS wanita di Mawing III Paskhas, yaitu PNS Leli.

Acara syukuran ini turut dihadiri oleh Pangkosek Hanudnas III, Marsma TNI Esron S.B Sinaga dan para asisten, Danlanud Soewondo yang diwakilkan oleh Kadis Ops Letkol Pom Adi Wijaya dan pada kepala dinas Lanud Soewondo serta para tamu dan undangan. (H)