× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda kepri Usai Lakukan Test PCR, Satu Hakim MTQ bersama Dua Pendamping Dinyatakan Positif Covid-19

Usai Lakukan Test PCR, Satu Hakim MTQ bersama Dua Pendamping Dinyatakan Positif Covid-19

1483
SHARE
Usai Lakukan Test PCR, Satu Hakim MTQ bersama Dua Pendamping Dinyatakan Positif Covid-19

Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kepri, TS Arif Fadillah saat diwawancara Wartawan

Tanjungpinang, Sidaknews.com - Sebelum pelaksanaan MTQ VIII Kepri dilakukan upaya Screening terhadap seluruh orang-orang yang terlibat dalam kegiatan itu, seperti Panitia Penyelenggara, Petugas Gabungan, Dewan Hakim/Juri, peserta dan tamu yang diundang. 

Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kepri, TS Arif Fadillah mengatakan, berdasarkan hasil upaya pencegahan terhadap penularan Covid-19 dalam kegiatan Akbar MTQ Provinsi Kepri VIII, oleh petugas gabungan menegakkan Protokol Kesehatan, Sabtu (19/9)

whatsapp_image_2020-09-19_at_4.44.17_pm

"Tes kesehatan dilakukan dengan metode Rapid Test dan PCR, pengambilan Swab hanya dilakukan kepada mereka yang berasal dari daerah Zona Merah," kata Arif.

Seorang Dewan Hakim dan dua pendamping Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) ke VIII tahun 2020, terkonfirmasi positif Covid-19, diketahui setelah dilakukan Swab Test atau dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR).

Berdasarkan hasil tes tersebut, dideteksi satu orang anggota Dewan Hakim yang terkonfirmasi Covid-19 dan dua pendampingnya, ketiga orang tersebut berasal dari Jakarta, dan sejak tadi malam sudah dilakukan tindakan medis di RSUP RAT Kepri.

"Gugus Tugas dan Tenaga Kesehatan gerak cepat dan langsung melakukan penelusuran terhadap orang-orang yang kontak erat dengan pasien positif Covid-19 tersebut," ujar Arif.

Arif juga menegaskan terhadap kondisi tersebut, pelaksanaan MTQ VIII tetap berjalan, setelah dilakukan koordinasi dengan Dewan Hakim, maka dilakukan pergantian terhadap anggota Dewan Hakim yang terkonfirmasi positif.

"Kami memberi apresiasi kepada Panitia Penyelenggara, Petugas Gabungan dan para Wartawan yang sangat mendukung penyelenggaraan MTQ tersebut, tentu hal ini menjadi pelajaran bagi Panitia dan Petugas Gabungan untuk menerapkan Protokol Kesehatan secara ketat pada perhelatan Akbar MTQ Kepri yang akan dibuka secara resmi malam ini.

"Untuk itu saya mengajak semua pihak yang terlibat untuk terus disiplin dengan Protokol Kesehatan agar penyebaran Covid-19 tidak menyebar, semoga Allah selalu memberi kesehatan kepada kita semua," tandasnya. (Dewi)