× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda aceh Wakil Walikota Langsa Pimpin Upacara HAB ke 74

Wakil Walikota Langsa Pimpin Upacara HAB ke 74

444
SHARE
Wakil Walikota Langsa Pimpin Upacara HAB ke 74

Upacara peringatan Hari Amal Bhakti Ke-74 Kementerian Agama Republik Indonesia tahun 2020 di halaman gedung rektorat kampus Institut Agama Islam Negeri Langsa.

Langsa, sidaknews.com - Wakil Walikota Langsa Dr. H. Marzuki Hamid, MM memimpin upacara peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Ke 74 Kementerian Agama Republik Indonesia tahun 2020 di halaman gedung rektorat kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa, Kamis (03/01/2020).

Upacara dihadiri oleh Rektor IAIN Langsa, Kajari Langsa, Wakil Ketua DPRK Langsa, Ka Kankemenag Kota Langsa, Wakil Ketua MPU Kota Langsa, sejumlah Kepala Dinas, Direktur Pascasarjana IAIN Langsa, para Dekan dilingkungan IAIN Langsa, para kepala Madrasah, dosen dan guru.

Wakil Walikota Langsa saat membacakan sambutan Menteri Agama Republik Indonesia Fachrul Razi menyebutkan, Agama dan Negara saling membutuhkan dan saling mengokohkan untuk kebahagiaan hidup manusia.

Sejarah dunia sampai abad kedua puluh hanya mengenal dua teori menyangkut hubungan agama dan negara, yaitu “teori integrasi”, penyatuan agama dengan negara, dan “teori sekularisasi”, pemisahan agama dengan negara.

Lanjutnya, para founding fathers negara Indonesia dengan bimbingan Allah Yang Maha Kuasa mengenalkan teori alternatif, yaitu “teori akomodasi” menyangkut hubungan agama dan negara yang belum dikenal saat itu di negara mana pun.

“Saya perlu menegaskan disini bahwa penguatan identitas keagamaan dan penguatan identitas kebangsaan tidak boleh dipisahkan, apalagi dipertentangkan, tetapi harus dalam “satu kotak” untuk melahirkan moderasi beragama dan bernegara.

Penguatan identitas keagamaan bila dipisahkan dari 4 spirit bernegara dapat melahirkan radikalisme beragama. Sebaliknya penguatan identitas bernegara bila dipisahkan dari spirit beragama dapat memberi peluang berkembangnya sekularisme dan liberalism,” ucap Wakil Walikota.

Pada kesempatan, Wakil Walikota Langsa menyerahkan penghargaan Satya Lencana karya satya, kepada 24 PNS dilingkungan IAIN Langsa dan Kantor Kementerian Agama Kota Langsa yang telah bekerja dengan penuh kesetiaan kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, negara dan pemerintah serta dengan penuh pengabdian, kejujuran, kecakapan dan disiplin secaara terus menerus yang telah memasuk masa kerja 10 dan 20 tahun

Selain itu, Wakil Walikota Langsa yang juga didampingi oleh Rektor IAIN Lansga Dr. H. Basri, MA menyerahkan penghargaan kepada Radio Cot Kala FM, PPID IAIN Langsa, Pengelola Jurnal At-Tibyan, Jurnal At-Tafkir dan Jurnal Jurisprudensi yang telah terakreditasi. (Rolly)