× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda daerah Walikota Blitar Bagikan Masker di Tengah Pandemi Covid-19

Walikota Blitar Bagikan Masker di Tengah Pandemi Covid-19

188
SHARE
Walikota Blitar Bagikan Masker di Tengah Pandemi Covid-19

Sebelum Pembagian Masker di adakan Senam (foto istimewa)

Blitar, sidaknews.com - Sebagai bentuk sosialisasi tentang kewajiban menggunakan masker di tengah pandemi Covid-19, Wali Kota Blitar, Santoso membagikan masker bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan masyarakat Kota Blitar, Jumat (7/8/2020)

Di alun - alun Kota Blitar, Pembagian masker. Tujuannya untuk mensosialisasikan agar warga wajib menggunakan masker saat berada di luar rumah Jumat. Santoso, usai acara kepada wartawan mejelaskan, “dengan membagi masker pada seluruh masyarakat Kota Blitar, karena kita masih dalam suasana Covid-19 maka kita batasi hari ini ada 500 orang yang kita ajak senam kemudian setelah itu kita pakai masker, dan melakukan hal yang sama di Tiga Kecamatan yaitu membagikan masker di Kecamatan Sukorejo, Kecamatan Kepanjen Kidul, dan di Kecamatan Sananwetan”.

“Karena memakai masker adalah instruksi dari Mendagri khususnya Jawa Timur “Jatim Bermasker”. Hari ini dilakukan secara serentak dilakukan seluruh Jawa Timur”, ucap Santoso.

Santoso berharap dengan dibagikannya masker, masyarakat sadar betapa pentingnya memakai masker untuk memutus mata rantai perkembangan Covid-19 yang ada di Jawa Timur khususnya Kota Blitar bisa terbebas dari Covid-19.

Cara yang benar menggunakan masker adalah sebelum memasang masker, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir (minimal 20 detik) atau bila tidak tersedia, gunakan cairan pembersih tangan.

Pasang masker untuk menutupi mulut dan hidung sampai dagu. Pastikan tidak ada sela antara wajah dan masker. Hindari menyentuh masker saat digunakan; bila tersentuh, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir minimal 20 detik atau bila tidak ada, cairan pembersih tangan.

Ganti masker yang sudah terpakai, basah atau lembab dengan masker baru, minimal 4 jam sekali. Masker medis hanya boleh digunakan satu kali saja. Masker kain dapat digunakan berulang kali dengan maksimal bisa dicuci 30 kali. Lebih dari itu, masker kain dapat tetap digunakan namun antivirusnya tak lagi efektif.

Untuk membuka masker lepaskan dari belakang. Jangan sentuh bagian depan masker;
Untuk masker 1x pakai, buang segera di tempat sampah tertutup atau kantong plastik. untuk masker kain, segera cuci dengan deterjen.

Menurutnya, masker yang dibagikan ini sifatnya untuk mengedukasi warga agar memperhatikan protokol kesehatan sesuai anjuran WHO dan pemerintah. "Hari ini kita fokuskan pada para masyarakat." Kota Blitar.kata Santoso Walikota Blitar.

Pembagian masker ini dilakukan secara bertahap di seluruh masyarakat yang ada di Kota Blitar. Ia berharap melalui sosialisasi ini masyarakat secara sadar dan mandiri untuk menggunakan masker, bisa saja menggunakan masker berbahan kain. "Ini untuk mencegah penularan Covid-19." Tutup Walikota Blitar. (BAS)

VIDEO