× Redaksi Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda Kampar Wujud Nyata Ketahanan Pangan Bupati Kampar Tanam Benih Jagung

Wujud Nyata Ketahanan Pangan Bupati Kampar Tanam Benih Jagung

201
SHARE
Wujud Nyata Ketahanan Pangan Bupati Kampar Tanam Benih Jagung

Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto, SH saat memberikan pengarahan pada Acara Penenaman Benih Jagung di Dusun Suka Damai Desa Gunung Mulya Kecamatan Gunung Sahilan

Gunung Mulya, Sidaknews.com - Pendemi Covid-19 yang telah mewabah hampir setengah tahun ini memberikan dampak dalam segala lini kehidupan bukan saja terhadap kesehatan,ekonomi tapi juga terhadap akan ketersediaan pangan, untuk itu berbagai langkah terus dilakukan dalam memenuhi akan kebutuhan pangan.

Hal ini merupakan wujud Real terhadap ketersediaan pangan, sehingga dampak dari Covid-19 dari segi pangan dapat kita kurangi, untuk produksi Idelnya produksi dapat menghasilkan 4 Ton per-hektar jika curah hujan bagus dengan penghasilan Rp.16 Juta.

Demikian disampaikan oleh Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto, SH saat memberikan pengarahan pada acara Penenaman Benih Jagung yang diadakan di Dusun Suka Damai Desa Gunung Mulya Kecamatan Gunung Sahilan pada Hari Sabtu, 19/09.

Hadir mendampingi Bupati Kampar Asisten I Setda Kampar Ahmad Yuzar, Kadis Kominfo dan Persandian Kabupaten Kampar Arizon, SE, Kadis Pertanian Ir. Bustan, Kadis Lingkungan Hidup Aliman Makmur, Kadis PUPR Afdal, Kadis Perkebunan dan Kesehatan Hewan Syahrizal, Kadis Pariwisata Zulia Darma, Sekretaris Satpol-PP Kampar Agustar, Kadis Kesehatan Dedi Sambudi.

Selain itu Bupati Kampar menyampaikan bahwa "Untuk mengurangi penyebaran Covid-19 telah menerbitkan Perbub Nomor 44 Tahun 2020, ini tak lain bertujuan untuk keselamatan kita bersama, mari kita ikuti dan patuhi Protokol Kesehatan" Kata Catur Sugeng dihadapan Camat Gunung Sahilan Fakhry, Ketua TP PKK Gunung Sahilan, Kepala Desa Gunung Mulya Mukhidi dan Kepala Desa se-Kecamatan Gunung Sahilan, Upika Gunung Sahilan, Kelompok Tani dan masyarakat yang hadir.

"Dengan Penanaman jagung ini membantu kesuksesan Program Pemerintah dalam pemenuhan pangan, karena kita tidak tau Pendemi ini entah sampai kapan, mari kita berdoa dan berikhtiar dan usaha kita agar terhindar dari Covid-19, kami minta kerjasama dengan Upika dan perusahaan" pinta Catur Sugeng.

"Kepada perusahaan yang ada ia meminta agar dapat memperhatikan, peduli terhadap pembinaan masyarakat, jangan Tutup mata di daerah penyangga perusahaan," pintanya lagi.

Sementara itu Kepala Desa Gunung Mulya Mukhidin menyatakan ucapan terimakasih atas kedatangan Bupati dalam acara penanaman Benih jagung, luas tanam 10 Ha yang berada di beberapa tempat.

"Selain itu Desa Gunung Mulya memiliki sebanyak 579 KK, dengan luas 1378 ha, sementara seluas 46 Ha untuk perkebunan, yang dikelola oleh 8 Kelompok Tani yang dibagi pada 3 Dusun, kami siap menyukseskan ketahanan pangan," kata Mukhidin.

Namun pada saat ini kami memerlukan alat pengelola pertanian seperti Traktor atau Hand Traktor yang selama ini hanya menggunakan alat tradisional.

"Untuk tahun 2020 untuk mendukung ketahanan pangan kami menyediakan lahan seluas 20 Ha yang berada berbagai lokasi, kami terus menjalin koordinasi dengan Babinsa dan Koramil untuk keberhasilan program ini" katanya lagi.

"Kebutuhan kami disini juga adanya ketersediaan Pasar untuk memasarkan produk pertanian, begitu juga akan ketersediaan pupuk selain susah dicari juga mahal," ungkapnya.

Terakhir usai penanaman jagung Bupati Kampar akan mengkaji atas usulan dan aspirasi dari Desa Gunung Mulya terutama alat produksi Hand Traktor dan Traktor, begitu juga terhadap peningkatan jalan dan pembangunan pasar, semoga Desa Gunung Mulya menjadi Desa Maju dan Sejahtera.

Selanjutnya masih di Desa Gunung Mulya Bupati Kampar melakukan panen jagung hasil Penanaman 3 bulan sebelumnya yang merupakan bantuan benih dari Pemkab Kampar. (Rls/Mad)